Review Spesifikasi dan Harga Renault Lodgy

Review Spesifikasi dan Harga Renault Lodgy

Review Spesifikasi Renault Lodgy - Ketika berbicara mengenai mobil MPV modern dengan harga terjangkau, hal pertama yang langsung muncul di benak adalah Toyota Avanza. Karena Avanza ini telah hadir sejak lebih dari satu dekade. Baik itu sebagai armada mobil rental ataupun untuk penggunaan pribadi. Leader market yang masih dipegang teguh oleh Avanza yang telah membuktikan dirinya sebagai mobil sejuta umat, hingga sekarang mulai terusik sejak adanya kehadiran kompetitor baru seperti Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio yang juga dijual dengan harga murah. Meskipun memberikan perlawanan sengit, akan tetapi belum satupun ada yang mampu menurunkan mahkota sang raja, Avanza.

Sebelumnya, dari tahun 2007 Renault telah memasarkan produk SUV andalannya, Duster ke Indonesia secara CBU. Namun karena harga yang dipatok terlampau mahal jika dibandingkan dengan fitur yang ada di dalamnya, akhirnya mobil ini tidak sanggup mengepakkan sayapnya yang pada saat itu segmen SUV masih dikuasai oleh Honda CRV. Sekarang, Renault kembali ingin berkesempatan mencicipi sengitnya pertempuran penjualan mobil di Indonesia, namun memasuki segmen yang berbeda melalui  Renault Lodgy.

Eksterior Renault Lodgy
Renault Lodgy memiliki ukuran yang sangat besar jika bermain dalam kelas Low MPV karena ukurannya melebihi dari ukuran Nissan Evalia. Desain luarnya terlihat segar karena wajah mobil pada produk ini sama sekali belum digunakan pada produk Renault lainnya. Penggunaan lampu utama pada bagian depannya terlihat menarik, seakan menyatu dengan desain kap mobil yang begitu besar. Grill yang digunakan mendapat sentuhan chrome dengan logo Renault pada bagian tengahnya. Di sisi kiri dan kanan terdapat lampu anti kabut yang dikelilingi oleh aksen hitam memanjang dari depan hingga ke bagian belakang yang menambah kesan sporty. 
Review Spesifikasi dan Harga Renault Lodgy
Eksterior Renault Lodgy
Renault Lodgy tercatat memiliki panjang body sekitar 4498 mm, hanya sedikit lebih pendek dari Innova yang memiliki panjang 4585 mm. Siluet berada pada titik tertinggi di pilar A dan setelah itu menyapu ke bawah sampai ke pilar D. Renault sangat rinci dan telah berhasil menyembunyikan gaya "mengkotak" dari Lodgy dengan penggunaan warna hitam pada pilar B dan pilar C serta menyediakan bingkai kaca tebal yang juga diwarnai hitam. Satu-satunya alasan mengapa Renault Lodgy terlihat kurang menarik dikarenakan oleh penggunaan velg 15 inci. Kurang cocok untuk menyeimbangkan penampilannya yang berkontur besar.
Review Spesifikasi dan Harga Renault Lodgy
Renault Lodgy Tampak Samping
Beralih ke bagian belakang, Topgir sendiri menilainya sebagai sebuah kejelekan. Lampu belakang dirancang untuk mencerminkan panah bergerak. Tapi di sisi lain, keberanian Renault dalam merancang eksterior bagian belakangnya yang sama sekali berbeda dengan para kompetitor memang patut diapresiasi. Jauh dari kesan monoton dan membosankan. Jendela belakang menyita sebagian ruang di bagian belakang dengan baik plus diberikan sentuhan chrome pada garnish belakang di atas peletakan nomor plat polisi. Selain itu, di bawahnya juga terdapat sensor parkir yang terintegrasi di bagian hitam dengan tambahan sebuah kamera.
Review Spesifikasi dan Harga Renault Lodgy
Renault Lodgy Tampak Belakang
Interior Renault Lodgy
Dikarenakan  whellbasenya memiliki panjang 2.810 mm yang merupakan terpanjang di kelasnya, maka kabin interior Renault Lodgy terlihat sangat luas. Dashboard berwarna two tone terlihat sederhana namun kompleks. Pada bagian instrumen cluster, kemudi, head unit, kontrol dan kisi-kisi AC mirip dengan Renault Duster. Area pandang pengemudi tak terbatas berkat desain pilar A yang dirancang sedemikian rupa, ditambah lagi demgan dukungan kursi pengemudi yang dapat disesuaikan ketinggiannya.
Review Spesifikasi dan Harga Renault Lodgy
Foto Interior Renault Lodgy
Bidang lain yang menjadi hal penting adalah tempat penyimpanan. Renault Lodgy memiliki banyak tempat penyimpanan untuk menyimpan koin dan barang bawaan kecil lainnya. Kualitas bahan material yang digunakan juga cukup baik, kecuali untuk switch power window dan kenop pintu krom yang terkesan sedikit murahan karena masih menggunakan plastik biasa.
Review Spesifikasi dan Harga Renault Lodgy
Instrument Renault Lodgy
Renault Lodgy mampu menampung penumpang mulai dari 7 hingga 8 penumpang. Disini terdapat perbedaan dimana model 7 kursi menggunakan captain seat di tengah sedangkan model 8 kursi bagian pada tengahnya dapat digunakan sebagai sandaran tangan plus adanya cup holder seperti sedan. Bangku row kedua sangat nyaman tanpa ada permasalahan untuk ruang kaki. Kisi-kisi AC diletakkan di bagian atas untuk row kedua dan row ketiga sama halnya dengan yang digunakan oleh Toyota Innova, sehingga pendinginan kabin menjadi lebih merata.
Review Spesifikasi dan Harga Renault Lodgy
Foto Kabin Renault Lodgy
Performa Mesin Renault Lodgy
Lodgy menggunakan mesin turbo diesel berkapasitas 1.5 liter yang mampu menyemburkan tenaga hingga 110 PS pada 4.000 rpm dan torsi puncak sebesar 245 Nm pada 1.750 rpm dengan dukungan gearbox 6 percepatan. Tenaga yang dihasilkannya sedikit lebih besar dari Toyota Innova ataupun Avanza. Mesin cukup halus dan nyaris tanpa bunyi diesel yang terdengar di dalam kabin. Lag khas turbo masih terasa, namun setelah gulungan turbo penuh, Anda akan merasa seperti terlempar ke depan. Drivabilty adalah titik kuat tentang mesin juga dan torsi berlimpah membuat urusan salip menyalip menjadi sangat mudah. Sekalipun itu ketika mobil mengangkut penumpang plus beban bawaan yang banyak.
Review Spesifikasi dan Harga Renault Lodgy
Foto Mesin Renault Lodgy
Handling dan Impresi Berkendara Renault Lodgy
Renault terkenal sebagai produsen mobil Eropa yang sangat kental akan kenyamanan plus handling yang baik. Ciri khas tersebut ikut diterapkan pada Renault Lodgy. Berkat sasis monokok dan suspensi adaptif yang digunakannya, keseimbangan mobil ketika bermanuver menjadi sangat baik. Dengan begitu, impresi berkendara yang mampu diciptakan oleh Renault Lodgy jauh dari kata pas-pasan.
Review Spesifikasi dan Harga Renault Lodgy
Ukuran Body Renault Lodgy
Harga Renault Lodgy
Di India, harga yang ditawarkan untuk Renault Lodgy dimulai dari 170 jutaan untuk varian terendah dan 240 jutaan untuk varian tertinggi. Perlu dicatat, dengan harga yang memiliki rentang perbedaan yang cukup jauh, maka dapat dipastikan pemangkasan fitur untuk varian terendah dilakukan secara besar-besaran demi memangkas harga jualnya.

Kelebihan Renault Lodgy
  • Berani tampil beda.
  • Kinerja mesin diesel cukup baik.
  • Peredaman kabin bagus.
  • Kabin sangat luas dengan ruang kaki dan ruang kepala yang lega.
  • ABS dengan EBD dijadikan fitur standar untuk semua varian.
  • Harga terjangkau.

Kekurangan Renault Lodgy
  • Ground clearance terlalu rendah.
  • Lampu belum proyektor.
  • Konsumsi BBM biasa saja.
  • Hanya tersedia dengan pilihan transmisi manual.
  • Desain interior terlalu sederhana.
  • Jaringan aftersales masih minim.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi serta keunggulan dan kelemahan Renault Lodgy. Jika mobil ini benar-benar hadir di Indonesia dan memasuki segmen low MPV, pastinya akan membuat para rival seperti Honda Mobilio, Suzuki Ertiga hingga Toyota Avanza menjadi keteteran. Hanya saja jaringan servisnya yang masih sangat minim bahkan di kota besar sekalipun, membuat image Renault belum terlalu populer di Indonesia. Baca juga: