Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Getz

Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Getz

Review Spesifikasi dan Harga Hyundai Getz - Kebanggaan menjadi seorang mahasiswa yang memiliki mobil sendiri adalah sebuah kesenangan. Namun terkadang mengalami kendala karena ruang parkir atau akses masuk ke sekolah terlalu kecil, sehingga mobil yang berukuran besar seperti SUV dan sedan premium tidak bisa keluar masuk dengan leluasa. Jika ini yang sering Anda alami, hatchback adalah jawaban yang paling tepat. Khususnya Hyundai Getz. Selain bodynya yang mungil, konsumsi BBMnya juga terbilang sangat irit, plus suara mesinnya yang halus.

Hyundai Getz adalah hatchback tersukses yang pernah diproduksi oleh pabrikan Korea Selatan, Hyundai. Mulai dari tahun 2003, mobil ini diekspor ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Pertama kali varian yang dihadirkan adalah trim standard dan limited edition, didatangkan langsung secara utuh (CBU). Karena bagusnya feedback dari pasar Indonesia, akhirnya mobil ini dirakit secara lokal pada tahun 2004 untuk menekan harga jual agar menjadi lebih murah.

Eksterior Hyundai Getz
Meskipun menyandang predikat sebagai mobil Korea yang seringkali dicap murahan, namun eksteriornya terlihat memikat dan jauh dari kata membosankan. Desainnya lebih mirip dengan ciri khas Eropa. Hal itu dapat terlihat jelas dari desain pintu dan bumper yang digunakan.
Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Getz
Eksterior Hyundai Getz Tampak Depan
Facelift yang dilakukan terhadap Hyundai Getz tercatat sebanyak dua kali, yakni minor facelift pada tahun 2006 dan major facelift pada tahun 2007, meliputi peningkatan performa mesin, penambahan ABS, spion elektrik dan juga sensor parkir. Uniknya, pada major facelift Hyundai telah menambahkan varian terbaru dengan model dua pintu plus tambahan sunroof sebagai fitur standarnya.
Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Getz
Eksterior Hyundai Getz Tampak Belakang
Interior Hyundai Getz
Mengenai flesksibilas, Hyundai Getz adalah jagoannya. Meskipun dari luar terlihat kecil, siapa sangka bahwa mobil ini memiliki ruang kabin yang luas dan mampu bersaing dengan Honda Jazz. Anda dapat melipat kursi untuk menambah akomodasi / kapasitas bagasi sehingga mampu menampung barang bawaan yang banyak. Sayangnya, fleksibilitas ini tidak didukung oleh material interior yang bagus. Penggunaan plastik keras dapat terlihat jelas dari dashboard dan panel konsol yang mudah sekali tergores.
Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Getz
Foto Interior Hyundai Getz
Performa Mesin Hyundai Getz
Hyundai Getz yang dihadirkan di Indonesia menggunakan dua jenis mesin, satunya mesin bawaan sejak produksi pertama kali dan satunya lagi mesin yang digunakan pada major facelift. Mesin yang digunakan pertama kali memiliki 1.3 liter dengan konfigurasi 4 silinder segaris 12 katup. Itupun hanya didukung oleh sistem SOHC yang lebih mengejar performa pada putaran bawah dan loyo pada putaran atas. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga maksimum hingga 82 HP pada putaran 5.500 RPM dan torsi puncak sebesar 117 Nm pada putaran 3.200 RPM. Sedangkan pada saat facelift, kapasitas mesin ditingkatkan sebesar 100 cc hingga menjadi 1,4 liter. Mesin 1,4 liternya memiliki tenaga 95 HP pada putaran 6.000 RPM dan torsi puncak 125 Nm pada 3.200 RPM.
Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Getz
Foto Mesin Hyundai Getz
Impresi Berkendara dan Handling Hyundai Getz
Sebagai city car, Hyundai Getz memiliki handling yang sangat mumpuni khususnya ketika bermanuver di jalanan sempit. Bantingannya terasa kurang nyaman karena getaran yang dihasilkan dapat dirasakan ke dalam kabin. Pedal koplingnya terasa lembut ketika ditekan. Selebihnya, mobil ini tidaklah terlalu buruk dan dirasa cukup untuk Anda yang ingin memiliki Honda Jazz GD3 atau Toyota Yaris namun memiliki budget yang terbatas.

Spesifikasi Hyundai Getz
  • Mesin : 1,3 liter dan 1,4 liter. 
  • Tenaga : 82 HP @5.500 RPM (1,3 L) dan  95 HP @6.000 RPM (1,4 L).
  • Torsi : 117 Nm @3.200 RPM (1,3 L) dan 125 Nm @3.200 RPM (1,4 L)..
  • Konsumsi BBM : 8-11km / L (dalam kota), 9-13km / L (luar kota).
  • Transmisi: 5-speed manual, 4-speed otomatis
  • Suspensi: Depan McPherson strut independen, Belakang poros kaku dengan torsion beam.
  • Rival : Kia Picanto Cosmo, Hyundai i10, Chery QQ, Honda Jazz, Chevrolet Aveo dan Toyota Yaris.
  • Penjualan: 2004 - 2009.

Harga Bekas Hyundai Getz
Harga yang ditawarkan untuk Hyundai Getz bekas sangatlah beragam, dengan menyediakan budget sebesar 60 - 70 juta, Anda dapat membawa pulang mobil ini yang diproduksi pada tahun 2004 hingga 2006. Namun untuk versi major facelift (2007), harga yang ditawarkan mulai dari 70 - 80 jutaan. Khusus untuk model dua pintu, harganya bisa menembus angka 100 - 120 juta karena modelnya yang sporty, modis dan juga langka.

Kelebihan Hyundai Getz
  • Kabin lega.
  • Harga sangat terjangkau.
  • Mungil dan praktis.
  • Mesin responsif namun kurang kencang.
  • Mesin halus pada kecepatan di bawah 100 km/jam.

Kekurangan Hyundai Getz
  • Kualitas interior murahan.
  • Minim fitur multimedia di dalamnya.
  • Minim fitur keselamatan.
  • Bagasi sempit.
  • Akselerasi lambat pada posisi gear 3.

Demikian ulsan lengkap mengenai review spesifikasi serta keunggulan dan kelemahan Hyundai Getz. Kabin yang lapang dengan akomodasi yang baik adalah poin utama yang menjadikan mobil ini mendapatkan perhatian lebih. Dengan minimnya fitur yang hadir di luar dan dalamnya menjadikan biaya perawatan Hyundai Getz menjadi murah. Baca juga beberapa review lengkap mengenai rivalnya sebagai berikut :