Kelebihan dan Kekurangan Honda CRV Gen 4

Kelebihan dan Kekurangan Honda CRV Gen 4

Review Spesifikasi Honda All New CRV Gen 4 - Honda merupakan salah satu produsen mobil terkenal dunia yang telah menciptakan berbagai inovasi dalam semua lininya. Selama ini, Honda dikenal mampu menciptakan mobil dengan desain yang terdepan pada setiap jamannya, plus ditemani oleh mesin berkapasitas kecil namun mampu menciptakan tenaga yang besar. 

Di lini SUV, Honda memiliki CRV yang merupakan kombinasi dari eksterior menarik serta interior berkelas. Sport utility vehicle ini dijual dalam beberapa varian baik dengan menggunakan mesin bensin 2.0 liter dan pilihan mesin bensin 2.4 liter. Di beberapa negara, setiap CRV telah dibekali dengan pilihan penggerak roda depan ataupun 4WD yang memungkinkan pengemudi untuk mengganti penggerak roda dengan sangat mudah. Namun sayangnya, Honda lebih memilih menjual CRV berpenggerak roda depan saja di Indonesia.

Eksterior Honda All New CRV Gen 4
Honda telah membekali CRV terbaru ini dengan sejumlah fitur mencolok, yang memberikan tampilan menawan. Berkat rancangan berdasarkan ACE (Advance Compability Engineering), struktur body dan desain Honda CRV terlihat begitu menawan dan mendapat banyak pujian dari berbagai kalangan pencinta otomotif di tanah air. Dimulai dari sisi kiri dan kanan, terdapat beberapa garis karakter yang kuat dan berlapis krom di ambang jendela. Varian tertinggi dengan trim Prestige, menggunakan gagang pintu yang dilapisi chrome, sementara varian lainnya dilapisi cat yang sewarna dengan body mobil. Spion elektrik plus lampu sein yang dapat dilipat secara otomatis diintegrasikan dengan pemanas, fungsinya adalah untuk menghindari adanya uap pada spion ketika menghadapi musim hujan. Di bawahnya, fender melengkung manis mengikuti lengkungan roda. Velgnya sendiri menggunakan hanya menggunakan satu gaya, yang dibalut oleh ban tubeless radial yang memiliki kinerja tinggi.
Review Spesifikasi dan Harga Honda All New CRV Gen 4
Eksterior Honda All New CRV Tampak Samping
Dari bagian depan, grill lapis chrome dengan logo Honda ditengahnya terlihat agresif, dengan tiga bilah yang diposisikan secara horizontal. Pada varian Prestige, grill ini dikelilingi oleh sepasang lampu utama yang didukung oleh HID serta lampu proyektor dengan tambahan pencuci lampu di bawahnya. Sedangkan varian lainnya hanya menggunakan lampu halogen. Kaca depan cukup besar memberikan pandangan yang lebih ke depan dan disertai dengan beberapa variabel wiper. Kap ramping dan miring memiliki beberapa baris karakter terlihat di atasnya, memberikan tampilan yang terlihat berbeda. Bumper two tone disertai cladding hitam dipasangkan guna mencegah kerusakan ringan ketika mengalami kecelakaan ringan. Bumper ini memiliki celah yang cukup besar ditengahnya, berfungsi untuk mendinginkan mesin dalam waktu singkat dan selanjutnya. Celah ini dikelilingi oleh sepasang lampu anti kabut berbentuk bundar yang menambah tampilan trendy.
Review Spesifikasi dan Harga Honda All New CRV Gen 4
Eksterior Honda All New CRV Tampak Depan
Bagian belakang memiliki kaca yang juga lebar dengan tambahan defogger dan wiper intermittent. Di atasnya, tampak sebuah spoiler belakang yang sporty dan terintegrasi dengan mount stop lamp untuk keamanan tambahan. Pintu belakang yang cukup besar memiliki strip chrome bersama dengan lambang perusahaan timbul di atasnya. Bumper belakang di cat sewarna dengan body. Di bawahnya, tardapat tail pipe chrome dan cladding yang berfungsi sama seperti bagian depan. Selain itu, SUV ini memiliki side skirt yang memanjang dari depan ke bagian belakang, kesan stylish pun begitu mencuat.
Review Spesifikasi dan Harga Honda All New CRV Gen 4
Eksterior Honda All New CRV Tampak Belakang
Eksterior Honda CRV dirancang dengan panjang keseluruhan 4545 mm dan memiliki lebar yang layak, sekitar 1820 mm, yang meliputi rear view mirror eksternal. Sedangkan tinggi keseluruhan 1685 mm, dan wheelbase 2620mm. Dengan wheelbase sepanjang ini, maka akan menghasilkan banyak ruang kaki di dalam kabin. Ground clearance tercatat memiliki jarak antara bagian bawah mobil dengan permukaan tanah sebesar 170 mm yang dirasa cukup untuk dibawa ke jalanan rusak khas beberapa pulau di Barat dan Timur Indonesia. Satu lagi yang tak kalah penting, Honda CRV Gen 4 memiliki bobot berkisar antara 1.500 hingga 1.510 kg untuk beberapa variannya, dan 1600 untuk varian tertinggi.
Review Spesifikasi dan Harga Honda All New CRV Gen 4
Ukuran Body  Honda All New CRV
Interior Honda All New CRV Gen 4
Bagian interior All New Honda CRV menggunakan skema warna beige sienna premium dan digabungkan dengan sejumlah fitur canggih. Dashboard dilengkapi dengan sejumlah fitur seperti krom berlapis di kisi-kisi ventilasi AC, roda kemudi 3 spoke dengan switch multifungsi dan panel instrumen yang canggih. Semua fitur tersebut digabungkan dengan kursi ergonomis yang dilapisi dengan kain atau jok kulit (tergantung varian). Kursi pengemudi dirancang dengan 8-way power adjustable plus dukungan lumbar. Sedangkan kursi belakang memiliki lipat fasilitas dengan split 60:40 split, yang membantu dalam meningkatkan volume kapasitas penyimpanan bagasi.
Review Spesifikasi dan Harga Honda All New CRV Gen 4
Foto Interior Honda All New CRV 
Cluster instrumen dilengkapi dengan fungsi kontrol pencahayaan, lengkap dengan notif seperti info penggunaan bahan bakar, tripmeter digital, suhu luar, dan peringatan pintu terbuka. Secara keseluruhan, fitur yang tergabung dengan aspek utilitas pada CRV teranyar tergolong sangat lengkap. Di belakang terdapat cup holder dan adanya kantong penyimpanan pada bagian belakang jok pengemudi dan penumpang depan. Fitur andalan pada CRV ini meliputi adanya paddle shift untuk transmisi otomatis, cruise control, start / stop button, keyless entry, multi information display dan juga display ECO. 
Review Spesifikasi dan Harga Honda All New CRV Gen 4
Foto Cluster Panel Honda All New CRV 

Performa Mesin Honda All New CRV Gen 4
Honda CR-V tersedia dengan mesin bensin 2.0 liter dan 2.4 liter. Mesin 2.0 liter tersedia dengan transmisi enam percepatan manual dan otomatis lima percepatan, sedangkan 2,4 liter datang hanya dengan transmisi otomatis triptonik lima percepatan dengan paddle shift. Kedua mesin ini memiliki tingkat kebisingan dan getaran yang sangat rendah.
Review Spesifikasi dan Harga Honda All New CRV Gen 4
Foto Mesin Honda All New CRV 2.0 Liter
Berbicara masalah performa, mesin 2.0 liter mampu memproduksi tenaga hingga 153 HP pada putaran 6.500 rpm dan torsi puncak sebesar 190 Nm pada 4.300 RPM. Sedangkan mesin 2.4 liter memiliki performa yang lebih tinggi, tenagah yang mampu dihasilkan sebesar 187 HP pada 7.000 rpm dan torsi puncaknya yaitu 226 Nm pada 4.400 RPM. Konfigurasi yang digunakan oleh keduanya adalah sama, yaitu 4 silinder segaris 16 katup. Hanya saja mesin 2.0 menggunakan sistem SOHC, berbeda dengan mesin 2.4 yang telah menggunakan sistem DOHC.
Review Spesifikasi dan Harga Honda All New CRV Gen 4
Foto Mesin Honda All New CRV 2.4 Liter
Impresi Berkendara dan Handling Honda All New CRV Gen 4
Perjalanan nyaman dan tenang bisa Anda dapatkan pada mobil ini. Suspensinya dapat bekerja secara maksimal dalam menyerap getaran pada berbagai kondisi jalan agar tidak terasa hingga ke kabin. Handlingnya tercatat sangat bagus, meskipun ukuran bodynya cukup bongsor, namun karakteristik pengendalian dan penanganannya lebih mirip dengan sebuah sedan. 

Harga Honda All New CRV Gen 4
Harga yang ditawarkan untuk  Honda All New CRV Gen 4 berbeda-beda sesuai trim yang tersedia. Untuk trim 2.0 manual harganya 395 juta dan untuk transmisi otomatis dengan mesin yang sama harganya 405 juta. Sedangkan untuk trim 2.4 otomatis dijual dengan harga 439 juta dan untuk tipe tertinggi yaitu 2.4 liter Prestige dihargai sebesar 478 juta (dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan).

Kelebihan Honda All New CRV Gen 4
  • Ground clearance tinggi.
  • Performa mesin dengan akselerasi yang baik.
  • Kabin lapang yang ditunjang oleh berbagai fitur kenyamanan.
  • Tampilan eksterior begitu memukau.
  • Tampak mewah.

Kekurangan Honda All New CRV Gen 4
  • Sulit untuk menangani kondisi lalu lintas yang padat.
  • Konsumsi BBM tidak terlalu efisien.
  • Harga mahal.
  • Sunroof dan sistem navigasi terintegrasi hanya terdapat pada trim tertinggi.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi serta keunggulan dan kelemahan Honda All New CRV Gen 4. Honda CR-V merupakan crossover handal dalam hal styling, fitur keselamatan, dan juga performa mesin. Dengan banyaknya varian yang hadir, Anda dapat memilihnya sesuai kebutuhan dan dana yang Anda sediakan. Semoga bermanfaat. Baca juga beberapa ulasan rivalnya :