Kelebihan dan Kekurangan Ford Ecosport

Kelebihan dan Kekurangan Ford Ecosport

Review Spesifikasi Ford Ecosport - Segmen SUV kompak atau lebih dikenal dengan sebutan Crossover adalah salah satu pasar mobil paling cepat berkembang di Indonesia dan tidak ada alasan mengapa hal itu bisa mengalahkan segmen SUV lain. Mungkin dikarenakan mengingat kondisi jalan dan lalu lintas yang padat ala perkotaan. Ukurannya yang kompak menjadikan Crossover sempurna untuk digunakan kota, karena cenderung mudah dikemudikan serta bermanuver di jalan yang sempit. 

Diluncurkan  pada tahun 2013, Ford EcoSport menerima respon luar biasa. Banyak yang menilai mobil ini memiliki karakteristik khas yang berbeda dengan Mitsubishi Outlander Sport dan juga Nissan Juke. Selain harganya yang miring, penampilan luarnya juga tampak begitu memukau, plus kenyamanan dan kehandalan yang ditawarkan di balik kulit luarnya.

Eksterior Ford EcoSport
Eksterior yang menarik dirancang dengan sempurna oleh para desainer Ford. Tampilan pada bagian depannya tampak gagah dengan penggunaan grill lebar berlapiskan chrome dan tambahan logo Ford di ditengahnya yang tampak menantang. Di bagian bawah, terdapat sepasang lampu anti kabut yang juga dikelilingi aksen chrome. Sementara pada sisi fender roda mengikuti aliran gayanya hingga ke pilar A.
Kelebihan dan Kekurangan Ford Ecosport
Eksterior Ford Ecosport Tampak Depan
Meskipun gagang pintu tampak sederhana, tetapi penggunaan gagang rak di bagian atapnya yang di cat dengan warna mencolok berhasil meningkatkan profil di setiap sisinya. Tipikal Pilar C hampir mirip seperti pilar A. Beranjak ke bagian belakang, terdapat sebuah spoiler di atas kaca, dan dibawahnya terdapat lokasi penyimpanan ban serep plus penggunaan lampu ekor yang terbuat dari kaca bening dan membentang mendekati ban serep sehingga menambah kesan macho. Secara keseluruhan, bagian bwah bumper dan sidekirt yang dicat dengan warna hitam sangat membantu untuk menyamarkan goresan yang tidak Anda inginkan. 
Kelebihan dan Kekurangan Ford Ecosport
Eksterior Ford Ecosport Tampak Belakang
Nilai plus yang menjadikan Ford Ecosport patut dipertimbangkan sebagai pilihan adalah ukurannya yang ringkas. Sekilas memang terlihat besar, tetapi kenyataannya mobil ini memiliki panjang 3999 mm, sama halnya dengan Hyundai i20. Sedangkan lebarnya adalah sekitar 1765 mm dan tingginya sebesar 1708 mm. Yang paling menarik, mobil ini memiliki ground clearance yang tinggi, yaitu 200 mm. Inilah fakta yang belum disadari oleh banyak orang. Dengan ukurannya yang ringkas maka biaya produksi Ford EcoSport lebih rendah daripada SUV lain.
Kelebihan dan Kekurangan Ford Ecosport
Eksterior Ford Ecosport Tampak Samping
Interior Ford Ecosport
Ford EcoSport menggunakan jok kulit premium untuk trim Titanium, sedangkan trim lainnya menggunakan jok berlapiskan kain. Dashboard di desain untuk memaksimalkan ruang interior. Kabin di desain menggunakan warna two tone untuk meningkatkan rasa kelapangan dalam kabin. Pada kursi penumpang di bagian belakang terdapat sebuah sandaran tangan. Selain itu, kursi belakang dapat dilipat dengan fleksibilitas desain 60:40, dengan begitu, Anda dapat dengan mudah menambang kapasitas barang bawaan ketika akan melakukan perjalanan jauh.
Kelebihan dan Kekurangan Ford Ecosport
Foto Interior Ford Ecosport
Berlanjut ke bagian yang paling menarik, headunit Ford Ecosport telah dibekali dengan fitur SYNC yaitu pengaturan melalui suara yang dapat dilakukan via bluetooth hanya dengan menekan tombol di setir. Sehingga Anda dapat menelpon, mendengarkan musik dan mencari channel radio favorit tanpa menyentuh tombol pada dashboard.

Performa Mesin Ford Ecosport
Berdasarkan perspektif pengguna, Ford mulai memahami bahwa sebuah mobil harus kuat dan juga faktor konsumsi BBM yang hemat. Itulah tren yang digencarkan oleh Ford dalam beberapa tahun terakhir. Ford EcoSport lahir dengan kombinasi sempurna dari kedua faktor tersebut. 

Ford EcoSport dibekali mesin bensin 1.5 liter 4 silinder segaris 16 katup DOHC, plus Ti - VCT. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga hingga 110 HP pada putaran 6.300 RPM dan torsi puncak sebesar 140 Nm pada 4.400 RPM. Adanya tambahan teknologi Ti - VCT, maka akan membantu asupan udara dan katup buang bervariasi berdasarkan kecepatan rotasi crankshaft dalam mesin. Dengan demikian, bahan bakar dibakar secara sempurna dan mampu meminimalir penggunaan BBM hingga 6,5 ​​liter / 100 km.
Kelebihan dan Kekurangan Ford Ecosport
Foto MesinFord Ecosport
Impresi Berkendara dan Handling Ford Ecosport
Ford Ecosport telah menerapkan sistem kontrol setir eletrik / Electric Power Assisted Steering (EPAS) yang membantu Anda untuk mengendalikan mobil melaju mulus di tikungan ataupun jalanan yang licin dan berlumpur. Sistem kemudi EPAS juga dilengkapi oleh kontrol penyeimbang roda untuk mengurangi getaran pada roda kemudi. Dengan hadirnya fitur ini, impresi berkendara terasa menjadi lebih presisi bahkan ketika mobil melaju pada kecepatan tinggi.

Kelebihan Ford Ecosport
  • Tampilan eksterior gagah namun terlihat elegan.
  • Interior mewah dan sarat akan fitur menarik.
  • Mesin powerfull.
  • Handling presisi.
  • Konsumsi BBM irit.
  • Fitur keselamatan terbaik di kelasnya.
  • Peredaman kabin sangat mumpuni.

Kekurangan Ford Ecosport
  • Varian diesel ecoboost belum hadir di Indonesia.
  • Kompartemen bagasi belakang sedikit mengecewakan.
  • Jaringan aftersales masih minim.
  • Harga jual kembali rendah.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi serta keunggulan dan kelemahan Ford Ecosport. Crossover pabrikan Amerika ini memiliki kualitas yang bagus dan fitur yang ditancapkan di dalam kabinnya tergolong sangat unik. Ditambah lagi dengan sistem peredaman kabin yang mampu menyerap kebisingan dari luar secara maksimal, membuat Anda semakin nyaman dan khususnya ketika mendapati kemacetan seperti di kota-kota besar. Baca juga beberapa review mengenai rival dari Ford Ecosport :