Kelebihan dan Kekurangan Chevrolet Aveo Lt/Ls

Kelebihan dan Kekurangan Chevrolet Aveo Lt/Ls

Review Chevrolet Aveo Lt/Ls 2004 - Hatchback adalah salah satu bentuk mobil yang paling dikagumi oleh para remaja karena kepraktisannya yang mampu menempuh seluk beluk jalanan perkotaan yang sempit. Modifikasi untuk jenis kendaraan yang satu ini juga tergolong mudah serta tidak terlalu membutuhkan banyak biaya karena part aftermarketnya sangatlah banyak. 

Sebenarnya Chevy Aveo adalah hatchback rancangan manufaktur Daewoo yang didesain oleh Italdesign. Namun karena krisis finansial, akhirnya Daewoo diakuisisi oleh General Motor (GM) yang berpusat di Amerika. Beberapa pabrikan yang tergabung dalam GM antara lain Buick, Cadillac, GMC and Chevrolet. Karena image Aveo yang berada dalam kelas bawah, akhirnya produksi dilakukan di bawah nama Chevrolet.

Aveo pertama kali diluncurkan di Indonesia pada akhir tahun 2003 dan dijual hingga tahun 2009. Facelift dilakukan pada tahun 2008 dengan upgrade pada lampu depan, lampu belakang, seluruh bumper hingga beberapa fitur interior dan juga fitur keselamatan. 

Eksterior Chevrolet Aveo Lt/Ls 2004
Desain eksterior Chevrolet sangatlah mungil dan lebih cocok masuk ke kategori city car. Ukurannya lebih ringkas dari Honda Jazz dan sedikit lebih besar dari Hyundai Getz. Ketika dirilis pada tahun 2003, lampu depannya masih terpisah antara lampu utama dan lampu sein yang berwarna kuning. Sedangkan pada versi faceliftnya, lampu depan telah digabungkan dengan lampu sein, dan lampu belakang bentuknya sedikit di ubah dengan tambahan bundaran di tengahnya.
Kelebihan dan Kekurangan Chevrolet Aveo Lt/Ls 2004
Foto Eksterior Chevrolet Aveo Lt/Ls 2004

Kelebihan dan Kekurangan Chevrolet Aveo Lt/Ls 2004
Foto Eksterior Chevrolet Aveo Lt/Ls Facelift 2008
Interior Chevrolet Aveo Lt/Ls 2004
Hal yang baik tentang hatchback ini adalah terletak pada kabinnya yang memiliki posisi kemudi tegak dan mudah untuk digapai. Fitur yang ditancapkan di dalamnya tergolong cukup untuk sebuah hatchback kelas bawah. Kisi-kisi AC terlihat sporty dengan desain bulat yang berbeda dengan rivalnya. Peletakan jam digitalnya yang terletak pada bagian tengah atas dashboard juga terlihat sangat atraktif. Ukuran kabin? Jangan berharap lebih untuk yang satu ini, dengan ukurannya yang mungil otomatis kabinnya menjadi sempit.
Kelebihan dan Kekurangan Chevrolet Aveo Lt/Ls 2004
Foto Interior Chevrolet Aveo Lt/Ls 2004
Performa Mesin Chevrolet Aveo Lt/Ls 2004
Chevrolet Aveo untuk versi Indonesia hanya hadir dengan pilihan satu mesin yang berkapasitas 1,5 liter. Mesin dengan kode E-TEC ini memiliki tenaga maksimum sebesar 83 HP pada 5.600 RPM dan torsi puncak sebesar 128 Nm pada putaran 3.000 RPM. Untuk mesin dengan kapasitas sebesar ini, tenaga yang mampu diciptakan tergolong sangat kecil.
Kelebihan dan Kekurangan Chevrolet Aveo Lt/Ls 2004
Foto Mesin Chevrolet Aveo Lt/Ls 2004
Handling Chevrolet Aveo Lt/Ls 2004
Fun to drive? Tidak. Mengapa? Karena dengan performa mesinnya yang kecil, bermanuver dengan menggunakan mobil ini sedikit menyulitkan meskipun posisi duduk pengemudi tergolong bagus dan setirnya yang mudah digapai. Baiknya, kekurangan tersebut sedikit tertutupi oleh pengaturan suspensinya yang membuat suasana kabin menjadi nyaman ketika melewati permukaan jalan yang tidak rata.

Spesifikasi Chevrolet Aveo Lt/Ls 2004
  • Mesin: 1,5 liter E-TEC II, 4 silinder segaris 16 katup.
  • Tenaga : 83 HP @5.600 RPM.
  • Torsi : 128 Nm @3.000 RPM.
  • Konsumsi bahan bakar: 5-8km / L (dalam kota), 7-10km / L (luar kota).
  • Transmisi: manual 5 percepatan dan matic 4 percepatan.
  • Suspensi: Depan McPherson strut independen, belakang torsion beam
  • Rival : Daihatsu Sirion, Honda Jazz, Hyundai Getz, Kia Picanto, Suzuki Swift, dan Toyota Yaris.
  • Penjualan: Akhir 2003 - 2009

Harga Chevrolet Aveo Lt/Ls 2004
Karena image Chevrolet yang tidak populer di pasar ditambah dengan nilai jual kembali yang rendah, singkat cerita mobil ini memiliki harga yang sangat terjangkau. Untuk tahun 2003/2004/2005/2006 dan 2007, harga yang ditawarkan berada di kisaran 50 - 65 jutaan. Sedangkan untuk versi faceliftnya tahun 2008 dan 2009 sedikit lebih mahal yaitu sekitar 70 - 85 jutaan saja.

Kelebihan Chevrolet Aveo Lt/Ls 2004
  • Harga murah.
  • Interior atraktif.
  • Suspensi nyaman.

Kekurangan Chevrolet Aveo Lt/Ls 2004 

  • Bahan interior murah
  • Konsumsi BBM kurang efisien.
  • Sparepart langka.
  • Image masih kalah dengan para rivalnya.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi serta keunggulan dan kelemahan  Chevrolet Aveo Lt/Ls. Bagi Anda yang menginginkan hatchback bekas dengan harga yang terjangkau, Aveo adalah pilihan bijak. Namun jangan langsung tergiur dengan harga yang murah, pastikan mesin bekerja dalam kondisi prima, karena jika salah satu komponen slow movingnya rusak, Anda harus menyiapkan budget yang cukup besar. Baca juga beberapa review mobil berikut ini: