Kelebihan dan Kekurangan Honda CRV Gen 2

Kelebihan dan Kekurangan Honda CRV Gen 2

Spesifikasi dan Harga Honda CRV Gen 2 - Dengan kode sasis RD4, generasi kedua dari Honda CRV yang dirilis pada tahun 2002 memiliki perbedaan yang signifikan dari generasi sebelumnya, yaitu penambahan panjang dan tinggi keseluruhan hingga beberapa inci. Keberhasilan pabrikan Honda dalam segmen SUV ini menjadikannya sebagai korban penjiplakan tanpa izin yang dilakukan oleh pabrikan Cina, Shuanghuan, dengan memproduksi SUVnya yang dilabeli sebagai Labiao SR-V.

Kembali ke pembahasan, gen kedua dari Honda CRV ini dijual secara massal di seluruh dunia dengan dua varian. Fitur yang berbeda antara CR-V dijual secara internasional adalah opsional kursi baris ketiga. Hal ini dilakukan dengan menempatkannya di area kargo dan membuat suspensi belakang yang lebih kokoh. Hal terebut merupakan strategi untuk Honda untuk menghindari pajak tambahan yang dikenakan pada kendaraan yang dapat membawa kurang dari 10 orang. Selama penjualannya, SUV ini menjadi best seller Honda dengan lebih dari 9.000 unit yang terjual pada tahun 2003. Penjualan berhenti pada tahun 2007 untuk memberi jalan kepada CR-V gen 3 yang diperkenalkan pada pertengahan tahun tersebut.

Eksterior Honda CRV Gen 2
Jika Anda teliti, Anda akan melihat bahwa styling CR-V adalah berasal dari generasi sebelumnya dengan beberapa kesamaan dari sasis Civic ES yang dijual pada waktu yang sama. Anda mungkin mengatakan bahwa mobil ini tampak lebih elegan ketimbang sporty jika Anda membandingkannya dengan model yang lebih tua. Bumper standar berwarna hitam pada model yang memiliki barisan kursi ketiga.
Kelebihan dan Kekurangan Honda CRV Gen 2
Exterior Honda CRV Gen 2
Interior Honda CRV Gen 2
Keajaiban pada generasi CRV ini adalah ruang kabin yang cukup lapang untuk barisan di kursi depan. Untuk bagian pengemudi, rem tangan dan shifter transmisi otomatis dipasang di dashboard, sama seperti gen sebelumnya. Tetapi jika kita berbicara tentang ergonomi, pada barisan kedua joknya memiliki empat sabuk pengaman (ya, empat dalam satu bangku!) sebagai standar. Sedangkan pada baris ketiga ruangnya terlalu sempit. Secara keseluruhan, penataan letak panel konsol cukup bagus dan mudah untuk diatur, namun di segi lain, tampilannya tidak terlihat mewah dan cenderung membosankan.
Kelebihan dan Kekurangan Honda CRV Gen 2
Interior Honda CRV Gen 2
Handling Honda CRV Gen 2
Insinyur dari Honda memutuskan untuk membuat karakteristik mengemudi pada mobil ini lebih ke sporty. Penumpang akan merasakan "hanya" sedikit kenyamanan dikarenakan suspensi yang digunakan pada bagian depan telah berubah menjadi lebih kaku. Berbeda dengan gen sebelumnya yang menerapkan supensi double wishbone di keempat titik. Namun dengan perbedaan ini, handling yang akan Anda rasakan menjadi lebih baik, menikung di tikungan pun terasa lebih mudah.

Mesin Honda CRV Gen 2
Pada tahun 2002-2004, CR-V ini mendapatkan jatah satu pilihan mesin tunggal, mesin bensin K20A 1,998cc yang mampu menelurkan tenaga hingga 150 HP pada putaran 6.500 RPM dan torsi 194 Nm pada putara 4.000 RPM. Lalu pada pertengahan 2004, pabrikan Honda menambah sebuah varian denan mesin bensin 2,354cc (2.4 liter)  K24A1 yang memiliki tenaga 160 HP pada putaran 5.500 RPM dan torsi 222 Nm pada putaran 4.500 RPM. Pada varian tambahan ini telah mengadopsi pengerak 4WD sedangkan varian lama yang mengusung mesin 2.0 liter masih berpenggerak roda depan saja.

Spesifikasi Honda CRV Gen 
  • Tahun produksi : 2002 - 2006
  • Kode sasis : RD4
  • Mesin : 1,998cc K20A dan 2,354cc K24A1 4 silinder segaris.
  • Tenaga : 150 HP @ 6,500 RPM (2,0), 160 HP @ 5.500 RPM (2.4)
  • Torsi : 194 Nm @4.000 RPM (2,0), 222 Nm @ 4.500 RPM (2.4)
  • Konsumsi bahan bakar : 5-7km / L 9 (kota), 9-11km / L (luar kota) (* perkiraan dan bervariasi)
  • Transmisi : manual 5 percepatan dan matic 4 percepatan (2,0 liter). Matic 5 percepatan (2,4 liter)
  • Suspensi : depan McPherson strut , belakang independent double wishbone
  • Rival: Ford Escape, Nissan X-Trail, Suzuki Grand Vitara, Suzuki Grand Escudo XL7, Mazda Tribute, Hyundai Tucson

Harga Honda CRV Gen 2


Berbicara masalah harga, untuk CRV versi 2,0 liter tahun 2005 dihargai sekitar 100 jutaan. Sedangkan versi 2,4 liter dijual disekitaran 110 jutaan. Mengingat perbedaannya yang cukup signifikan namun harganya yang tidak terlalu jauh, versi 2,4 liter pilihan yang bijak bagi Anda yang tidak terlalu memikirkan harga sparepart dan konsumsi BBM. Sebagai tambahan, untuk varian 2,0 liter tahun 2002 hingga 2004, memiliki kursi pada baris ketiga namun untuk versi faceliftnya tahun 2005 dan 2006 opsi ini telah dihilangkan.

Kelebihan Honda CRV Gen 2
  • Barisan depan memiliki legroom yang lega.
  • Dapat mengangkut 10 orang dalam kondisi darurat.
  • Peredaman kabin tergolong bagus.
  • Varian 2,0 liter lumayan irit.
  • AC dingin.
  • Tenaga melimpah pada putaran atas.

Kekurangan Honda CRV Gen 2 
  • Minimal pertamax.
  • Kaki-kaki sering mengeluarkan bunyi yang mengurangi kenyamanan.
  • Kualitas interior kurang bagus.
  • Harga jual kembali rendah.
  • Harga sparepart untuk varian 2,4 liter relatif mahal.
  • Lemah pada putaran bawah.

Demikian review spesifikasi lengkap serta keunggulan dan kelemahan Honda CRV Gen 2. Semoga bermanfaat. Baca juga: