Tips Mengemudikan Mobil dengan Baik dan Benar

Tips Mengemudikan Mobil dengan Baik dan Benar

Cara Mengemudikan Mobil dengan Baik dan Benar - Semua orang telah tahu bahwa menjaga keselamatan diri dan pengguna jalan lain dari kecelakaan lalu lintas begitu penting. Namun tidak semua orang mengerti akan hal-hal yang wajib dihindari saat melakukan perjalanan. Sebagai bagian dari pengguna jalan, Anda merupakan pelopor keselamatan dalam berlalu lintas. Apakah itu pemilik mobil, pengendara sepeda motor, pengguna kendaraan umum ataupun sebagai pejalan kaki. Kecelakaan lalu lintas khususnya saat melakukan mudik ataupun arus mudik dari tahun ke tahun semakin meningkat. Oleh karena itu, kedisiplinan dalam berlalu lintas merupakan hal yang sangat-sangat penting. 
Tips Mengemudikan Mobil dengan Baik dan Benar
Jangan menggunakan gadget saat berkendara
Untuk meningkatkan kewaspadaan dan kedisiplinan dalam berlalu lintas, disini Admin akan memberikan sedikit Tips Mengemudikan Mobil dengan Baik dan Benar, apa saja? Simak beberapa poin berikut ini.

1. Gunakan seatbelt (sabuk pengaman)
Hal pertama yang wajib Anda lakukan yaitu menggunakan seatbelt. Seatbelt disini sangat berperan penting dalam keselamatan. Contohnya jika terjadi kecelakaan, maka seatbelt akan menahan Anda agar posisi tubuh tetap mencengkeram kursi dan tidak terpelanting ke depan. Tidak sedikit kasus kecelakaan yang korbannya terpelanting ke luar mobil melalui kaca depan dikarenakan tidak menggunakan seatbelt ini. Selain itu, komponen keselamatan ini juga akan menambah rasa aman dalam berkendara.

2. Paham dan patuh terhadap rambu lalu lintas
Selain poin pertama, poin kedua ini juga kerap diacuhkan oleh pengguna jalan. Pendidikan dasar mengenai rambu lalu lintas biasanya didapatkan saat ingin membuat Surat Izin Mengemudi (SIM). Hanya saja, tidak sedikit dari oknum Kepolisian bersangkutan yang terkesan menghambat proses pembuatan SIM secara cepat sesuai prosedur, sehingga untuk yang ingin cara cepat harus memberikan sedikit uang pelicin. Kasus ini mungkin memang jarang Anda dapati di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung, namun untuk ibukota kabupaten lainnya yang jarang tersorot media hal ini merupakan hal yang lumrah. Oleh karena itu, pendidikan dasar yang Admin sebutkan sebelumnya boleh dikatakan jarang didapatkan saat ingin membuat SIM. Bagi Anda yang ingin mendapatkan pendidikan dasar ini bisa menghubungi pihak Kepolisian Lalulintas setempat.

3. Jaga jarak aman
Hindari membuntuti mobil di depan dalam jarak yang sangat dekat, karena mobil yang di depan tidak bisa melihat Anda dari spion. Kondisi ini sering disebut dengan istilah blind spot. Selain itu, dengan menjaga jarak aman Anda juga dapat terhindari dari kecelakaan yang pada umumnya mobil di depan mengerem mendadak. Usahakan tetap berada dalam rentang jarak minimal 15 meter dengan mobil di depan.

4. Hindari pengunaan gadget dan audio yang berlebihan
Anda sering melakukan percakapan dan ber-sms ria saat mengemudi? Hindari kebiasaan ini karena mengakibatkan konsentrasi Anda terhadap kondisi lalu terganggu. Selain itu, hematlah dalam menggunakan audio. Setelan volume musik yang terlalu keras akan menghalangi pendengaran Anda terhadap bunyi klakson kendaraan lain.

Menjadi pengguna jalan yang disiplin memang tak selamanya mudah. Jika Anda tidak menabrak, maka Andalah yang akan ditabrak. Oleh karena itu tingkatkan antipasi akan berbagai kondisi lalu lintas. Semoga beberapa poin-poin dasar dari Tips Mengemudikan Mobil dengan Baik dan Benar ini dapat membantu Anda. Baca juga Perilaku Salah Pengemudi Mengenai Penggunaan Mobil.