Tips Membersihkan Interior Mobil

Tips Membersihkan Interior Mobil

Tips Membersihkan Interior Mobil - Kenyamanan dalam berkendara sangat bergantung oleh kebersihan interior mobil. Namun terkadang untuk membuat interior mobil terasa bersih Kita sering kali malas untuk melakukannya. Bahkan banyak orang yang lebih memilih menyerahkan kebersihan mobilnya pada salon mobil. Jika ditakar-takar, biaya perbulan yang harus Anda gelontorkan pun akan membengkak. Jika saja rasa malas ini dapat dicegah, maka biaya yang Anda gunakan tersebut dapat dialihkan ke bagian lain, contohnya untuk memodifikasi mobil secara bertahap.
Tips Membersihkan Interior Mobil
Bahan pembersih
Kembali ke topik permasalahan, kotornya kabin biasanya disebabkan oleh banyak hal, diantaranya disebabkan oleh bau asap rokok, bau makanan sisa yang berbau tajam, serta karena debu yang berasal dari luar ketika Anda tidak menggunakan AC. Beberapa penyebab di atas umumnya dapat diatasi dengan cara yang mudah dan murah, tidak perlu menyerahkannya ke salon mobil. Sehingga kenyamanan ruang kabin pun akan tercipta. Akan tetapi bagi Anda yang kurang mengerti mengenai cara membersihkan interior mobil, simak baik-baik beberapa Tips Membersihkan Interior Mobil berikut ini.

Bersihkan debu
Debu merupakan kotoran yang paling banyak hinggap di jok mobil yang berbahan beludru. Khususnya bagi Anda yang sering membuka kaca saat berkendara ataupun saat mobil diparkir. Debu yang semakin bertambah setiap harinya akan menumpuk dan menyebabkan bau yang tidak sedap. Cara membersihkannnya cukup mudah, yaitu dengan menggunakan vacuum cleaner ataupun dapat menggunakan alternatif lainnya seperti sikat. Untuk bagian jok yang dapat dilepas dengan mudah, jemurlah di bawah terik matahari selama 1 jam ataupun lebih. Ini berfungsi untuk membuat debu yang membandel lebih mudah terlepas saat akan dibersihkan dan membuat jok yang tadinya kempis menjadi lebih tebal.

Gunakan bahan pembersih
Gunakan bahan pembersih khusus untuk beberapa bagian interior mobil seperti dashboard, karet-karet, serta doortrim. Jangan lupa pula untuk membaca petunjuk penggunaan, karena kesalahan penggunaan bahan pembersih yang tidak cocok dengan interior mobil Anda dapat menyebabkan pengelupasan pada bagian yang dibersihkan. 

Bersihkan karpet mobil
Selain jok mobil, Anda juga harus membersihkan karpet mobil hingga benar-benar bersih. Noda yang disebabkan oleh bekas kotoran pada alas kaki Anda akan menimbulkan bau tidak sedap melebihi dari bau yang disebabkan oleh debu menumpuk. Setelah karpet mobil dibersihkan dengan cara dicuci, keringkan hingga air yang menempel benar-benar hilang. Karena air yang tersisa pada karpet sewaktu-waktu akan menguap dan membuat kabin mobil Anda menjadi pengap.

Demikian Tips Membersihkan Interior Mobil, baca juga Tips Menjaga Cat Mobil agar Tetap Mengkilap.