Tips Persiapan Sebelum Mudik

Tips Persiapan Sebelum Mudik

Tips Persiapan Mudik - Mudik merupakan istilah Indonesia dari kegiatan untuk kembali ke kampung halaman dimana semua anggota keluarga berkumpul ke rumah orang tua. Mudik identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari Lebaran.

Lonjakan trafik pengguna jalan pada saat mudik sangatlah besar, bahkan pemerintah berupaya besar untuk mengurangi lonjakan trafik ini. Salah satunya dengan mencanangkan mudik gratis dengan menggunakan kendaraan umum. Namun bagi Anda yang memiliki mobil pribadi, mungkin kebijakan ini kurang Anda minati, selain proses pendaftarannya yang tidak mudah, mobil yang Anda simpan di rumah pun belum tentu aman.
Tips Persiapan Sebelum Mudik
Mudik
Nah, untuk itu Admin akan memberikan sedikit ulasan mengenai Tips Persiapan Sebelum Mudik, apa saja? Simak baik-baik.

1. Cek kondisi mobil
Ini merupakan hal yang sangat berpengaruh besar dalam perjalanan Anda. Kebanyakan orang hanya memeriksa kondisi mesin dan radiator. Namun lupa pada komponen lain, seperti kaki-kaki dan power steering. Tidak sedikit pemudik yang mengalami bushing arm atau ball joint rusak saat perjalanan, ini menyebabkan kenyamanan dalam berkendara berkurang drastis. Selain itu ada juga yang power steeringnya mengalami gangguan, sehingga setir menjadi liar dan susah dikendalikan dan mengancam keselamatan keluarga Anda.

2. Sediakan perlengkapan mobil
Lengkapi mobil Anda dengan coolant water untuk radiator, kotak P3K yang isinya tidak kadaluarsa, segitiga pengaman, busi dan bohlam cadangan, toolset sera dongkrak. Hal-hal di atas merupakan perlengkapan wajib saat akan melakukan perjalanan khususnya perjalanan jarak jauh. Jangan lupa pula untuk memeriksa kondisi ban serep Anda apakah masih bisa digunakan untuk menghadapi berbagai medan atau tidak.

3. Perhatikan kondisi tubuh
Anda yang akan menjadi supir harus memperhatikan kondisi tubuh dengan seksama. Usahakan kondisi tubuh Anda prima. Hindari begadang di malam hari sebelum melakukan perjalanan. Karena rasa kantuk akan mengintai keselamatan Anda kapan saja dan dimana saja. Lalu makan-makanan yang mengandung gizi tinggi disertai dengan meminum vitamin untuk menambah kebugaran Anda. Jika memang rasa kantuk menyerang Anda saat perjalanan, beristirahatlah sejenak di tempat yang aman seperti SPBU, minimarket atau di pos-pos kepolisian terdekat.

4. Saat perjalanan
Persiapkan segala kebutuhan pribadi Anda seperti minuman ringan dan permen mint agar rasa kewaspadaan Anda tetap terfokus. Gunakan layanan GPS agar Anda dapat mengetahui kondisi lalu lintas yang akan Anda lalui, tidak hanya itu, GPS juga dapat digunakan untuk mencari letak pom bensin, minimarket, restoran, hotel kepentingan layanan darurat lainnya seperti pos polisi dan rumah sakit. Hindari menggunakan jalan pintas yang Anda rasa asing khususnya pada malam hari.

Itulah sedikit uraian singkat mengenai Tips Persiapan Sebelum Mudik, semoga bermanfaat. Baca juga Tips Menghadapi Polisi saat Razia.