Tips Merawat Pedal Kopling agar Tidak Keras

Tips Merawat Pedal Kopling agar Tidak Keras

Panduan Merawat Pedal Kopling agar Tidak Keras - Kopling merupakan salah satu komponen yang berfungsi sebagai pemutus atau penghubung putaran dari dapur pacu ke sistem transmisi. Komponen ini memang terbilang kecil namun memiliki peranan yang sangat penting khususnya pada mobil yang menerapkan sistem transmisi manual. Sedangkan pada mobil yang bertransmisi otomatis, Anda tidak akan dipusingkan akan hal ini, karena memang mobil matik tidak menggunakan kopling.

Ketika mobil digunakan setiap saat, komponen ini sangat sering digunakan untuk mengganti tuas transmisi. Seiring penggunaan mobil jangka panjang, komponen ini pasti akan mengalami gangguan, baik keras ataupun berat. Sehingga kenyamanan mengemudi pun akan terasa terganggu. 
Tips Merawat Pedal Kopling agar Tidak Keras atau Berat
Pedal Kopling
Nah, untuk itu Admin akan memberi sedikit Tips Merawat Pedal Kopling agar Tidak Keras atau Berat, apa saja? Simak dengan seksama.

1. Pemeriksaan
Pertama-tama, cek kondisi sistem transmisi mobil Anda mengapa kopling menjadi keras atau berat, beberapa penyebab kopling keras ataupun berat antara lain:
  • Free play terlalu kecil
Kondisi kopling yang bagus yaitu saat kopling ditekan penuh, pergantian tuas transmisi dapat dilakukan dengan mudah (halus). Ketika kopling dilepas belum sampai setengah mobil dapat bergerak. Kopling yang keras atau berat dapat disebabkan oleh free play yang terlalu kecil karena jarak tekan yang besar.
  • Release bearing sudah kotor
Jika pada release bearing terdapat karatan ataupun kotoran maka pergerakan komponen ini akan terganggu. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan cairan anti karat. Jika kotoran atau karat ini sudah bersih maka pergerakan release bearing tidak lagi terganggu dan pedal kopling menjadi ringan seperti sediakala.
2. Gunakan kopling dengan bijak
Ketahanan kopling pada mobil sangat tergantung pada perilaku Anda saat menggunakannya. Hindari menginjak kopling secara setengah-setengah ataupun memancing tenaga, karena kinerja pada bagian kopling akan terbebani. Jika kebiasaan ini sering Anda lakukan maka dalam waktu singkat kopling akan mengalami keausan. 

3. Penggantian part kopling
Jika memang kopling telah mengalami keausan, jangan dipaksakan untuk tetap digunakan. Karena keausan dapat merambat ke komponen lainnya. Sebaiknya pergantian part kopling dilakukan. Toh, keselamatan Anda lebih penting daripada memaksakan kehendak untuk menghemat bukan?.

Itulah sedikit ulasan mengenai Tips Merawat Pedal Kopling agar Tidak Keras atau Berat, baca juga beberapa tips perawatan berikut ini: