Tips Menyetir saat Kondisi Berkabut

Tips Menyetir saat Kondisi Berkabut

Panduan Menyetir saat Kondisi Berkabut - Kondisi berkabut memang suatu kondisi yang tidak diinginkan oleh semua orang ketika melakukan perjalanan, selain mengurangi jarak pandang, kabut juga dapat mengundang mara bahaya. Kabut memang hanya terjadi pada beberapa tempat, seperti ketika Anda melewati jalanan pada pegunungan dan lain-lain. Namun, sebelum Anda melakukan perjalanan tersebut ada baiknya Anda membaca tips berikut ini agar menambah pengetahuan serta meningkatkan kewaspadaan.

Beberapa Tips Menyetir saat Kondisi Berkabut antara lain:

1. Nyalakan foglamp
Foglamp atau lampu kabut merupakan fitur standar yang banyak digunakan pada berbagai jenis mobil. Tidak hanya sebagai hiasan saja, foglamp memiliki peranan yang sangat penting khususnya bagi Anda yang sering melakukan perjalanan jauh.  Lampu ini terletak pada bagian bawah bumper mobil. Selain untuk menembus kabut, foglamp juga berfungsi sebagai penerangan alternatif, agar Anda dapat melihat dengan leluasa berbagai jenis lintasan yang Anda lalui, baik gundukan tanah, jalanan yang tidak rata hingga jalan yang berlubang.

Jika memang mobil Anda tidak dilengkapi dengan foglamp, cukup gunakan lampu senja ataupun lampu utama. Hindari menggunakan lampu hazard, karena dapat mengganggu pandangan pengguna jalan lain.
Tips Menyetir saat Kondisi Berkabut
Kondisi Berkabut
2. Gunakan GPS
Teknologi ini akan sangat membantu ketika Anda melalui jalanan yang berkabut. Apalagi jika jalanan yang Anda lalui ini banyak tikungannya. Saat Anda menemui kabut tebal, berhentikan mobil Anda sejenak lalu pantau kondisi jalanan melalui GPS.

3. Jaga kecepatan
Ini merupakan tahap yang wajib Anda patuhi. Cukup pacu mobil Anda dibawah kecepatan 40km/jam. Karena mobil lain yang arahnya berlawanan belum tentu dapat melihat mobil Anda dari kejauhan. 

4. Jaga jarak
Tips selanjutnya yaitu jaga menjarak aman antara mobil Anda dengan mobil yang berada di depan Anda. Usahakan membuat selisih antara 30m-50m. Karena sewaktu-waktu mobil di depan Anda bisa saja mengerem mendadak saat terjadinya sesuatu. Khusus saat mobil mendaki, buatlah jarak lebih dari 50m. 

5. Nyalakan AC
Langkah ini bertujuan untuk menghindari terjadinya embun pada kaca depan. Jika memang terasa sangat dingin, cukup arahkan kisi-kisi AC ke arah atas ataupun mengatur panel AC agar sirkulasi udara mengarah ke kaca depan.

6. Jangan lengah
Ini merupakan tips terakhir. Hindari menyetir dalam kondisi lelah. Usahakan Anda tetap fokus dan konsentrasi penuh terhadap jalanan yang Anda lalui. Jika memang Anda tidak mampu menguasai jalanan, tunggulah sejenak hingga kabut menipis. Atau boleh juga menunggu kendaraan lain melewati Anda. Lalu ikuti kendaraan tersebut.

Itulah sedikit uraian mengenai Tips Menyetir saat Kondisi Berkabut, semoga bermanfaat. Baca juga tips berikut ini: