Tips dan Cara Merawat Aki Mobil yang Benar

Tips dan Cara Merawat Aki Mobil yang Benar

Tips dan Cara Merawat Aki Mobil yang Benar - Aki adalah salah satu komponen yang memiliki peranan sangat penting bagi mobil. Bagaimana tidak, tanpa aki maka kelistrikan pada mobil Anda tidak akan berfungsi. Sehingga merawat aki sangatlah penting, jika diabaikan begitu saja  maka aliran listrik dan kestabilan tegangan pada mobil Anda akan terganggu. Oleh karena itu, untuk memperoleh kenyamanan penuh dalam berkendara Anda harus peduli terhadap perawatan mobil bagaikan merawat istri rumah tangga Anda sendiri.
Tips dan Cara Merawat Aki Mobil yang Benar
Merawat Aki Mobil
Berikut ini Admin akan memberikan sedikit Tips dan Cara Merawat Aki Mobil yang Benar, simak dengan seksama.

1. Hemat arus listrik
Hemat arus listrik disini maksudnya matikan komponen kelistrikan yang tidak diperlukan disaat mobil telah dimatikan. Seperti listrik di rumah, jika Anda menghemat arus listrik maka anggaran pengeluaran rumah tangga perbulan dapat ditekan. Seringkah Anda menyalakan audio saat mobil dimatikan? Nah, ini merupakan salah satu kecerobohan yang harus Anda hindari. Sebagus apapun komponen penstabil arus dalam mobil pasti akan berdampak buruk terhadap aki dalam jangka berkepanjangan. 

2. Panaskan mesin
Rutin memanaskan mesin mobil setiap pagi merupakan salah satu cara untuk merawat aki mobil apalagi jika mobil jarang digunakan. Sebab, mobil yang jarang digunakan maka aliran atau arus listriknya tidak berjalan sempurna, panaskan hingga 10 hingga 15 menit. Selain memperlancar arus listrik, ini juga dapat membantu oli bersirkulasi dengan baik. Sedangkan untuk mobil yang digunakan setiap hari, Anda hanya perlu memanaskan mesin cukup 5 menit saja, karena jika memanaskannya terlalu lama hanya akan membuang-buang bahan bakar dengan percuma.

3. Periksa pengikat aki
Ikatan aki mobil yang longgar sangatlah berbahaya. Ikatan aki yang longgar menyebabkan aki bergeser dari tempatnya ketika mobil digunakan. Maka jangan heran, mengapa beberapa kejadian mobil terbakar disebabkan oleh adanya korslet pada bagian mesin. Selain itu, aki yang ikatannya longgar juga dapat memperpendek usia penggunaan aki mobil Anda.

4. Periksa densitas aki
Jika aki mobil Anda sudah pernah diisi ulang, maka jangan lupa untuk mengecek berat jenis dari aki mobil Anda. Bawa mobil ke bengkel dan mintalah untuk mengukur berat jenisnya. Biasanya alat yang digunakan adalah hidrometer, dan jika berat jenisnya lebih kecil, maka penggantian aki sangat disarankan.

5. Cara pasang dan mencopot aki
Saat akan mencopot aki, pastikan terlebih dahulu semua komponen kelistrikan yang berhubungan dengan aki telah mati. Lalu lepaskan kapel negatif dan lanjutkan dengan yang positif.

6. Cek level cairan aki
Untuk level cairan aki, jangan pernah sesekali isinya melebihi tanda batas ataupun kurang dari tanda batas. Karena jika level cairan tidak seimbang maka akibatnya akan menjalar ke komponen listrik lainnya, misalkan dinamo.

Itulah sedikit Tips dan Cara Merawat Aki Mobil yang Benar, intinya merawat mobil tidaklah sesusah yang dibayangkan. Baca juga artikel berikut ini:
Cara Mengatasi Mesin Panas atau Overheat
Cara Mencegah Tongkat Persneling Bergetar
Cara Merawat Aki Mobil agar Tidak Tekor