Tips Membersihkan Jamur pada Kaca Mobil

Tips Membersihkan Jamur pada Kaca Mobil

Panduan Pembersihan Jamur pada Kaca Mobil - Adanya jamur pada kaca depan mobil memang sangat mengganggu pandangan pengemudi saat melakukan perjalanan, khususnya pada saat kondisi mendung ataupun hujan. Kondisi ini sangat berpengaruh besar pada keselamatan pengguna mobil. Munculnya jamur pada kaca depan disebabkan oleh kurangnya kesadaran pengguna mobil akan hal perawatan mobil setelah turunnya hujan. Seiring berjalannya waktu, kaca mobil yang terlalu sering terkena hujan dan kering dengan sendirinya akan menyebabkan bintik-bintik jamur bermunculan pada kaca. Hal ini diperparah dengan adanya pergantian musim antara musim hujan dan kemarau.
Tips Membersihkan Jamur pada Kaca Mobil
Pembersihan Jamur pada Kaca Mobil
Namun jangan khawatir, kali ini Admin akan memberikan sedikit informasi mengenai Tips dan Cara Membersihkan Jamur pada Kaca Mobil dengan mudah. Apa saja langkah-langkahnya? Simak ulasan berikut ini.

1. Menggunakan air tembakau
Tembakau dipercaya mengandung unsur zat kimia yang dapat menghilangkan lapisan jamur pada kaca mobil dengan cara yang alami dan aman bagi semua jenis kaca. Caranya, ambil tembakau yang telah dipersiapkan sebelumnya (dalam hal ini bisa juga menggunakan tembakau dari rokok kretek yang harganya murah) lalu rendam ke dalam ember ataupun gayung selama kurang lebih 20 menit. Sambil menunggu hasil rendaman tembakau tersebut, bersihkan terlebih dahulu kaca mobil dari debu dan kotoran lainnya dengan menggunakan kain lap lalu guyur dengan air bersih.  Setelah rendaman tembakau siap, gunakan air hasil rendaman tembakau tersebut ke seluruh bagian kaca yang ingin Anda bersihkan. Diamkan selama 5 menit, kemudian usap bagian kaca dengan memakai spons ataupun kain lap yang lembut. Ulangi hingga kaca benar-benar bersih.

2. Mencegah jamur pada kaca mobil
Mencegah jamur pada kaca mobil muncul kembali sebenarnya tidak terlalu sulit. Hanya saja Anda harus sering mencuci kaca mobil setelah mobil diguyur hujan ataupun terkena gerimis. Jika memang Anda terlalu sibuk dan tidak sempat melakukan hal ini, usahakan untuk menyempatkan diri membersihkan kaca dengan menggunakan kain lap yang lembut saja. Hindari membersihkan kaca dengan menggunakan sabun colek ataupun deterjen. Karena sabun colek dibuat dengan menggunakan lemak nabati yang dapat bereaksi saat terkena cahaya matahari lansung dan menyebabkan timbulnya kotoran lengket pada permukaan kaca. Sedangkan zat yang terkandung dalam butiran deterjen bersifat abrasif dan menyebabkan permukaan kaca depan akan berpendar saat mengemudi melawan arah matahari.

Selain cara di atas, yang tak kalah penting adalah hindari memarkirkan mobil di ruang terbuka dan terkena paparan sinar matahari langsung. Bisa saja suatu saat ketika mobil Anda tinggalkan di ruang terbuka akan diguyur hujan dan air hujan tersebut akan kering dengan sendirinya, lalu jika hal ini terjadi berulang-ulang maka dalam waktu singkat jamur pada kaca pun akan muncul kembali.

Itulah sedikit ulasan mengenai Tips dan Cara Membersihkan Jamur pada Kaca Mobil. Semoga bermanfaat. Baca juga beberapa tips perawatan lainnya di bawah ini: