Cara Mendeteksi Sistem Kelistrikan Mobil Bekas

Cara Mendeteksi Sistem Kelistrikan Mobil Bekas

Cara Mendeteksi Sistem Kelistrikan Mobil Bekas- Mendeteksi sistem kelistrikan pada mobil khususnya mobil bekas yang telah digunakan di atas 5 tahun memang susah-susah gampang. Karena beberapa komponen mengalami trouble akibat banyak kendala.

Tapi jangan khawatir. Berikut ini Admin telah merangkum beberapa Cara Mendeteksi Sistem Kelistrikan Mobil. Apa saja? simak ulasan berikut ini.
Cara Mendeteksi Sistem Kelistrikan Mobil
Cek Sistem Kelistrikan
Cara paling umum yang sering dilakukan yaitu dengan menggunakan alat voltmeter. Cara-cara tersebut antara lain:
  • Cek bagian mesin, jika banyak kabel yang dijumper dan perbedaannya sangat mencolok dari kondisi standar maka sewaktu-waktu bisa saja mengakibatkan korslet. Berhati-hatilah!
  • Cek terminal positif (+) pada aki. Jika ada kabel tambahan apalagi lebih dari satu maka menandakan aksesoris tambahan yang ada pada mobil Anda membutuhkan suplai listrik banyak dan pengaplikasiannya menggunakan model bypass.
  • Cek komponen kelistrikan yang bergerak, misalkan power windows. Jika pergerakannya agak lamban maka mengindikasikan ada bagian dari power windows yang tidak berjalan sempurna.
  • Tes semua yang berhubungan dengan listrik saat mobil dalam kondisi penuh beban. Nyalakan AC, Audio, lampu signal, lampu kabut, serta lampu utama. Lalu gas hingga putaran mesin menjadi 5000rpm. Jika nyala lampu utama yang tadinya redup namun berubah dengan sangat terang maka artinya ada masalah dengan suplai energi listrik listrik yang berasal dari alternator.
  • Cara lain yang dapat ditempuh yaitu dengan mengecek tegangan aki dalam kondisi mesin mati. Kondisi sempurna yaitu jika angka pada volmeter berada pada kisaran antara12 volt hinggga 13 volt.
  • Jangan lupa mengecek alternator. Cara mengecek alternator hampir sama dengan yang di atas, hanya saja ditambah dengan mengukur tegangan pada alternator. Sebagai catatan, tegangan normal untuk altenator adalah 12,8 volt.
Itulah sedikit tips mengenai Cara Mendeteksi Sistem Kelistrikan Mobil Bekas. Semoga bermanfaat. Baca juga artikel berikut ini:
Tips Memilih Bengkel Mobil Berkualitas
Tips Menggunakan Engine Brake agar Hemat BBM
Cara Mudah Mendeteksi Kondisi Mesin