Cara Membersihkan Jok Beludru Mobil

Cara Membersihkan Jok Beludru Mobil

Panduan Membersihkan Jok Beludru - Interior mobil yang bersih merupakan dambaan semua orang. Kenyamanan dalam perjalanan dalam adalah segalanya, apalagi ketika mobil digunakan untuk perjalanan jarak jauh, khususnya mudik. Setiap mobil menggunakan jenis jok yang berbeda, ada yang menggunakan jenis jok kulit dan ada juga yang menggunakan jenis bahan beludru.

Nah, untuk menciptakan suasana kabin yang nyaman dan bersih khususnya pada mobil yang menggunakan jok beludru, caranya cukup mudah. Namun Anda harus berhati-hati agar bahan jok tidak rusak. Berikut ini admin akan memberikan sedikit tips mengenai Cara Membersihkan Jok Beludru Mobil agar mood Anda dalam berkendara tetap terjaga. Apa saja? Simak ulasan berikut.
Cara Membersihkan Jok Beludru Mobil
Jok Beludru
1. Persiapan 
Pada tahap pertama, persiapkan alat dan bahan yang akan digunakan, antara lain kain lap yang bersih, cairan pembersih segala jenis noda khusus bahan beludru dan sikat serta vacuum cleaner (jika ada). Usahakan jangan menggunakan cairan pembersih yang dikhususkan untuk jok kulit, karena kandungan komponen pembersihnya berbeda jauh. Cairan pembersih bahan beludru ini dapat ditemui pada toko asesori mobil ataupun supermarket besar.

2. Baca petunjuk penggunaan
Sebelum Anda membersihkan jok beludru mobil ini sangat disarankan untuk terlebih dahulu membaca petunjuk penggunaan cairan pembersih. Karena setiap merk pembersih menggunakan zat yang berbeda-beda dalam produknya, tergantung jenis kotorannya seperti apa. Bisa saja produk yang akan Anda gunakan menggunakan zat korosif yang dapat melukai lapisan kulit tangan Anda. Selain itu, dengan membaca petunjuk penggunaan Anda juga dapat mengetahui jenis kotoran apa yang dapat dihilangkan oleh cairan pembersih yang Anda gunakan.

3. Pembersihan
Tahap pembersihan dapat Anda lakukan mulai dari permukaan jok beludru terlebih dahulu, dilanjutkan dengan sela-sela jok. Jika Anda menggunakan vacuum cleaner maka debu yang menempel pada semua bagian khususnya disela-sela menjadi lebih mudah untuk dibersihkan.

4. Penyemprotan cairan pembersih
Semprotkan seluruh cairan pembersih jok beludru ke seluruh bagian secara perlahan. Sikat bagian jok yang telah disemprot sebelum cairan pembersih mengering. Sikat bagian-bagian jok secara searah. Ingat! Secara searah. Ini bertujuan agar kotoran yang telah terkelupas tidak berpindah ke bagian lain. Jika telah selesai, maka bersihkan ke bagian jok lainnya seperti yang telah dilakukan sebelumnya.

5. Pengeringan
Langkah terakhir, setelah semua jok disikat bersih lanjutkan dengan mengelap seluruh bagian jok dengan menggunakan kain lap yang bersih. Usahakan kotoran-kotoran yang telah terkelupas pada jok menempel pada kain lap. Jika memang ada kotoran yang sangat sulit dibersihkan setidaknya kotoran tersebut telah tersamarkan atau tidak terlihat secara kasat mata. Setelah semua langkah-langkah di atas telah Anda lakukan dengan benar maka keringkan jok mobil agar saat mobil digunakan jok tidak terasa lembab. 

Itulah sedikit tips mengenai Cara Membersihkan Jok Beludru Mobil. Bagaimana? Tidak terlalu sulit bukan? Semoga bermanfaat. Baca juga tips-tips berikut ini: