Batas Waktu Penggunaan Ban Mobil yang Tepat

Batas Waktu Penggunaan Ban Mobil yang Tepat

Masa Expire Ban Mobil - Setiap ban dibuat dengan menggunakan komposisi material yang berbeda. Ada ban yang dapat digunakan maksimal hingga 50.000 km dan ada juga ban yang hanya dapat digunakan hingga batas penggunaan 40.000 km. Setiap produsen ban tersebut menetapkan batas penggunaan ban ini sebagai syarat keamanan Anda. Semuanya dapat diketahui dari informasi yang tertera pada setiap ban. Namun kebanyakan pengguna mobil di Indonesia khususnya kurang paham dengan informasi ini, sehingga waktu penggantian ban hanya dilakukan saat ban telah benar-benar tipis. Ini merupakan hal yang harus dihindari karena keselamatan Anda akan terancam kapan saja dan dimana saja. Baik itu musim kemarau terlebih lagi pada saat musim penghujan tiba.
Batas Waktu Penggunaan Ban Mobil yang Tepat
Batas keausan ban yang diperbolehkan
Nah, untuk itu kal ini Admin akan memberikan sedikit informasi mengenai Batas Waktu Penggunaan Ban Mobil yang Tepat, simak ulasan berikut ini:

1. Lihatlah tanda segitiga ataupun cetakan “TWI” yang terdapat pada dinding ban. Informasi ini adalah batas tanda keausan yang diperbolehkan pada setiap ban. Biasanya berupa tonjolan.

2. Saar memeriksa ban, pastikan posisi badan Anda berada sejajar dengan ban lalu lihatlah apakah permukaan ban telah rata antara penunjuk pada dinding ban dengan tonjolan pada permukaan ban. Jika permukaannya sama rata maka ban mobil telah berada pada batas penggunaan maksimal dan harus dilakukan penggantian dengan ban baru. 

3. Setiap produsen ban memberikan label tahun produksi pada masing-masing produk bannya. Tanyakan kepada pemilik toko dimana ban baru akan Anda beli mengenai tahun produksi ban, lalu silahkan cocokkan sendiri dengan label tahun produksi yang tertera pada ban. Misalkan YMWR 1207, 15. Angka terakhir merupakan kode tahun ban produksi ban tersebut.

4. Setiap ban juga memiliki standar ukuran. Cara mengecek ukuran ban yaitu misalkan pada ban tertera angka 195/60/R15. 195 merupakan ukuran lebar ban, sedangkan angka 60 menunjukkan tinggi ban dalam persen terhadap lebar ban. Dan yang terakhir angka 15 yaitu ukuran velg digunakan.

5. Setiap kali Anda melewati jalanan yang permukaannya tidak rata ataupun berlubang. Anda wajib memeriksa kondisi permukaan ban, adakah tonjolan atau tidak. Jika adanya tonjolan maka Anda harus segera mengganti ban tersebut. Karena setiap ban juga memiliki titik lemah terhadap kondisi jalan seiring berjalannya waktu. Biasanya tonjolan ini sering terjadi pada ban yang masa produksinya lebih dari 3 tahun. Oleh karena itu telitilah dalam membeli ban mobil. Jangan langsung tergiur pada harga ban murah yang ditawari oleh penjual.

Itulah sedikit tips mengenai Batas Waktu Penggunaan Ban Mobil yang Tepat, yang paling penting jadilah pengguna mobil yang cermat. Baca juga beberapa tips harian lainnya berikut ini: