Tips Menghadapi Polisi saat Razia

Tips Menghadapi Polisi saat Razia

Tips Menghadapi Polisi saat Razia - Mungkin semua pengguna jalan pernah diberhentikan Polisi pada saat perjalanan dikarenakan melanggar salah satu aturan lalu lintas. Apakah itu dengan faktor Kesengajaan ataupun tidak. Bagi sebagian orang, dengan kelengkapan surat-surat dan kelengkapan lainnya, Mereka merasa tidak masalah. Namun di lain pihak, ada juga yang merasa resah atau panik. Bersikap tenang dan biasa saja merupakan salah satu kunci yang paling penting saat adanya razia.

Berikut ini Admin akan memberikan beberapa Tips Menghadapi Polisi saat Razia, simak dengan seksama.
Tips Menghadapi Polisi saat Razia
Razia perbatasan Aceh-Medan
1. Berhentikan mobil dengan aman
Pada saat Anda diberhentikan, usahakan bersikap rileks dan tidak panik. Pastikan Anda memberhentikan mobil dengan aman, hindari mengerem secara mendadak. Berhentikan mobil Anda di tempat yang aman dari pengguna jalan lainnya. Jangan lupa menggunakan lampu sein saat mobil di pinggirkan. Setelah mobil berhenti, aktifkan lampu hazard. 

2. Matikan mesin
Sesaat setelah Anda menurunkan kaca jendela mobil. Jangan lupa mematikan mesin mobil dan mengaktifkan rem tangan. Ini berfungsi untuk memberikan Anda rasa aman sesaat sebelum Anda di introgasi.

3. Menggunakan isyarat yang baik
Saat Anda di introgasi, hindari memberikan jawaban yang bertele-tele. Berbicaralah dengan sopan tanpa adanya bentakan. Pindahkan tangan Anda dari setir untuk mengisyaratkan bahwa Anda tidak akan kabur. Jangan lupa untuk mencari tahu nama Polisi yang mengintrogasi Anda tersebut. Karena ada beberapa oknum Polisi yang memang berniat untuk menjebak Anda. Dan kejadian ini sangat rawan terjadi pada perbatasan Aceh - Medan. Pengalaman Admin yang menggunakan plat BL asli Aceh, saat di introgasi Polisi-Polisi ini sangat bersikeras untuk memeriksa kelengkapan mobil, hingga ke dalam kotak P3K. Contohnya, jika cairan alkohol dalam kotak P3K ini telah berkurang setengahnya, Anda juga akan ditilang. Admin sendiri heran dengan kejadian ini, hingga menanyakan darimana datangnya peraturan tersebut. Karena terbata-bata saat menjawab, ujung-ujungnya mereka hanya meminta uang rokok. Ya begitulah perlintasan lalulintas Sumatera. Agak rasis memang, namun ini sudah menjadi rahasia umum. 

4. Bersikap positif
Sikap, tindakan dan kalimat yang positif sangat membantu Anda dalam berkomunikasi. Hindari diskomunikasi agar pikiran Anda tetap fokus dan tidak tegang. Saat dimintai surat-surat kelengkapan mobil dan SIM Anda oleh Polisi, berikan dengan sikap positif.

5. Mengakui kesalahan
Jika memang Anda telah melakukan kesalahan dalam beralulintas. Akuilah. Ini akan membantu Anda agar Polisi yang merazia Anda memberikan peringatan ataupun arahan lainnya. Hindari beradu argumen.

Itulah sedikit  Tips Menghadapi Polisi saat Razia. Ingat! Selaku warga negara yang baik, kitalah yang mempelopori keamanan dan kenyamanan dalam berlalu-lintas. Semoga Tips ini bermanfaat. Baca juga tips-tips lainnya berikut ini: