Tips Memilih Amplifier yang Bagus dan Berkualitas

Tips Memilih Amplifier yang Bagus dan Berkualitas

Panduan Memilih Amplifier - Amplifier sering disebut dengan sebutan power. Secara umu, amplifier terbagi dalam dua jenis, yaitu tipe tabung dan mosfet. Apa saja perbedaan power tipe tabung dan mosfet?

Nah, pada kesempatan ini Admin akan menjelaskan secara ringkas apa saja perbedaannya agar Anda dapat memilih amplifier yang sesuai dengan tipikal mobil Anda berdasarkan tipe komponennya yaitu, tube dan mosfet.

Namun hingga sekarang, teknologi di antara keduanya hampir berimbang, semua kembali kepada kelebihan beserta kekurangannya masing-masing. Sebagai informasi, perbedaanya terdapat pada komponen yang digunakan keduanya, yaitu Harmonic Pattern dan Damping Factor.
Tips Memilih Amplifier yang Bagus
Instalasi Amplifier
Damping Factor
Damping factor merupakan faktor pembeda pada amplifier tabung dan mosfet. Kira-kira begini, damping factor yaitu kemampuan amplifier dalam pengendalian dentuman pada speaker. Amplifier yang menggunakan damping factor yang rendah umumnya memiliki pengendalian yang lemah terhadap speaker, akan tetapi juga termasuk bagus karena dapat memperbaiki efek harmonik yang tinggi. Untuk amplifier yang menggunakan damping factor  tinggi memiliki pengendalian yang bisa dikatakan sempurna terhadap speaker, serta sekaligus memperbaiki kesalahan harmonik pada speaker. 

Walaupun efek harmonik dapat dikoreksi, akan tetapi efek ini tidak dapat dihilangkan, dikarenakan sifat dari sifat dari transistor dan tabung. Inilah perbedaan yang membuat saifat dari transistor dan tabung ikut berbeda, Kedua perbedaan mendasar inilah yang menyebabkan karakter dari tabung dan transisitor sangat berbeda. 

Harmonic Pattern
Harmonic Pattern  merupakan frekuensi yang ada di setiap barang elektronik, yaitu sifat bawaan dari transistor ataupun tabung. Jika adanya transistor/tabung, maka disitu terdapat juga harmonik yang tidak dapat dihilangkan secara total. Pada umumnya harmonik orde rendah biasa dikenali dengan nada hangat atau lembut, sedangkan untuk harmonik orde tinggi dikenal sebagai nada dentuman keras.

Lantas mana yang akan Anda pilih? Hati-hati terhadap orang yang mempromosikan dagangannya. Intinya, amplifier tabung sangat cocok untuk penggemar karakter vocal dinamis dengan detail bagus. Sedangkan tipe mosfet memberikan kecepatan dan respon yang sempurna. Semuanya kembali kepada pilihan Anda masing-masing. Baca juga artikel lain berikut ini: