Tips Membeli Toyota Great Corolla

Tips Membeli Toyota Great Corolla

Panduan Membeli Toyota Great Corolla - Great Corolla merupakan sedan yang bandel karena menggunakan mesin legendaris kode 4A-FE dan banyak digunakan pada sedan Toyota pada umumnya. Performa mesin 1600cc ini tidak usah diragukan lagi, terbukti hampir semua pengguna mobil ini tidak mengeluhkan mengenai ketahanan serta performanya di jalan bebas hambatan. Sehingga mobil ini menjadi primadona untuk tipe sedan pada era 90an. Dengan garis pada desain bodi long lasting yang membulat namun khas, membuat mobil ini good looking. Namun kelebihan yang telah Admin sebutkan di atas tidak boleh dijadikan acuan saat ingin meminang mobil ini. Karena mobil ini juga memiliki titik-titik kelemahan pada beberapa komponennya. Sehingga Anda harus lebih teliti saat memeriksanya. 
Tips membeli Toyota Great Corolla
Toyota Great Corolla
Komponen yang tak boleh luput dari pengecekan saat ingin membeli Great Corolla antara lain:

1. Kaki-kaki
Ball Joint, Tie rod serta long tie rod adalah  komponen pada sektor kaki-kaki dari mobil ini yang seringkali rusak. Jika sudah rusak, maka saat melewati jalan yang kurung mulus atau tidak rata akan menimbulkan bunyi yang sangat menganggu Anda saat mengemudi, sehingga konsentrasi Anda menjadi terganggu. Setir pun terasa liar dan sulit dikendalikan saat melaju dengan kecepatan tinggi. Cara mudah untuk mengecek kerusakan ini adalah dengan menekan bagian kaki-kaki saat mobil diparkir. Jika bunyi yang timbul lumayan mengganggu, maka dapat dipastikan komponen tersebut harus diganti. Jika memang masih ragu, Anda dapat melakukan test drive pada jalanan yang rusak, lalu lanjutkan dengan mengetes laju mobil pada kecepatan di atas 80km/jam. Apakah setir terasa liar dan sulit dikendalikan atau tidak. Langkah terakhir, cek langsung kondisi komponen tersebut, karena terkadang ada juga penjual yang mencurangi Anda dengan mengetok komponen ini agar seret dan tidak bunyi sekalipun Anda telah melakukan test drive. 

2. Power Steering
Bagian ini adalah komponen yang paling rentan terhadap kerusakan dikarenakan usia mobil ini tidak bisa lagi dikatakan muda. Pastikan Anda mengecek apakah ada rembesan pelumas atau tidak. Lalu dalam kondisi mobil menyala, putar setir kiri kanan hingga penuh, lalu rasakan apakah setir berat atau mendecit. Jika ada, maka dapat dipastikan harus dilakukan penggantian pada seal atau rack steernya. Sebagai gambaran, dana yang harus Anda lontarkan untuk bagian ini tidaklah sedikit, minimal 1 juta untuk onderdilnya yang non-genuine, belum lagi ongkos jasanya. Bahkan jika kerusakannya sudah parah, Anda harus mengganti semua komponen dengan yang baru, dengan merogoh kocek minimal 6juta komplit dengan ongkos jasa penggantian.

3. Karet Lingkar Kaca
Ini juga merupakan bagian yang seringkali dilupakan dari pengecekan. Karet lingkar kaca yang mengeras dapat  mengakibatkan kaca jendela samping menjadi terkikis lama-kelamaan, apalagi jika kaca sering diturunkan dan dinaikkan. Untuk harga karet ini, biasanya dijual dengan harga 1,6juta per pintu mobil. Jika Anda ingin yang komplit untuk keempat pintu, ada juga yang menjualnya dengan harga 6juta.

Itulah sedikit uraian mengenai Tips membeli Toyota Great Corolla. Usahakan Anda menyiapkan dana ekstra untuk biaya perawatan setelah membeli mobil ini, agar Anda tidak menyesal nantinya. Semoga bermanfaat. Baca juga artikel terkait lainnya: