Perbedaan antara Toyota Altis Tipe J dan G

Perbedaan antara Toyota Altis Tipe J dan G

Beda Altis Tipe J dan G - Toyota Altis merupakan sedan kelas menengah yang mengedepankan kenyamanan dan dibaluti dengan desain yang elegan namun enak dipandang. Harga jual kembali Toyota Altis yang lumayan tinggi jika dibandingkan dengan Honda Civic VTi-S membuat sedan ini menjadi incaran bagi sejumlah orang yang ingin naik kasta, baik dari pengguna Toyota Great Corolla hingga dari pengguna mobil hatchback mungil seperti Toyota Yaris sekalipun. 

Tanpa panjang lebar, berikut ini Admin akan mengulas beberapa Perbedaan antara Toyota Altis Tipe J dan G, khususnya untuk Toyota Altis non-VVTi ( produksi 2001 s/d 2003). Apa saja perbedaanya? Simak baik-baik.
Perbedaan antara Toyota Altis Tipe J dan G
Toyota Altis 1st Gen
Exterior :
  1. Grill depan, untuk tipe J berbentuk palang dengan tiga garis horizontal berwarna abu-abu. Sedangkan untuk tipe G berbentuk vertikal dan pinggirannya dilapisi krom.
  2. Fog lamp, untuk tipe J opsi ini tidak disediakan. Untuk tipe G tersedia. Sebagai info, foglamp adalah lampu tambahan yang berada pada sisi kanan dan kiri di bawah bumper. Foglamp berfungsi sebagai lampu penghilang kabut saat cuaca buruk.
  3. Handle pintu, untuk tipe J warnanya sama dengan cat pada body mobil. Sedangkan untuk G tidak, tetapi dilapisi krom sehingga terlihat kesan lebih mewah.
  4. Sensor parkir 2 titik, untuk tipe J opsi ini tidak disediakan. Sedangkan untuk tipe G disisipkan pada bagian belakang.
  5. Lis body, untuk tipe J sewarna dengan body, sedangkan untuk tipe G memiliki aksen krom.
  6. Keliling kaca, untuk tipe J warnanya hitam seperti karet biasa, sedangkan untuk tipe G terdapat sentuhan aksen krom.
  7. Ornamen pelat nomor polisi bagian belakang, untuk tipe J selaras dengan warna body mobil, untuk tipe G krom.

Interior:
  1. Pengatur AC, untuk tipe J model dial (putar knob), untuk tipe G sudah menggunakan digital.
  2. Wood panel, untuk tipe J tidak tersedia, berbeda dengan tipe G.
  3. Speedometer, tipe J standar dan terkesan mewah, sedangkan tipe G model Optitron dan tampak mewah.
  4. Setir, tipe J menggunakan setir palang tiga dengan emboss pada lambang Toyota, untuk tipe G menggunakan setir palang empat dengan krom pada lambang Toyota.
  5. Head unit, tipe G hanya disediakan radio tape, berbeda dengan tipe G yang menggunakan HU CD changer model Fujitsu-ten.
  6. Spion, tipe J masih standar, untuk tipe G menggunakan Folding Electric Mirror yang artinya spion dapat dilipat otomatis hanya dengan menggunakan tombol.
  7. Transmisi, untuk tipe J hanya tersedia dalam versi manual, untuk tipe G tersedia dalam dua varian baik manual maupun matic.
Safety:
  1. Disc (cakram),  tipe J hanya menggunakan cakram pada bagian penggereman depan, sedangkan untuk Tipe G sudah menerapkan penggereman di setiap rodanya (double disc).
  2. Sistem penggereman, untuk tipe J masih standar dan untuk tipe G telah dilengkapi dengan berbagai teknologi seperti ABS, EBD serta BA.
  3. Airbag. Tipe J tidak dilengkapi dengan airbag. Sedangkan Tipe G dual airbag.

Itulah sedikit ulasan mengenai Perbedaan antara Toyota Altis Tipe J dan G, untuk Anda yang memiliki dana lebih, Admin sarankan untuk meminang Altis tipe G, karena dengan kelengkapannya akan menambahkan kesan fun to drive. Baca juga artikel terkait lainnya: