Penjelasan Mengenai Kode Mesin Honda

Penjelasan Mengenai Kode Mesin Honda

Penjelasan Mengenai Kode Mesin Honda - Bagi Anda yang mulai mengikuti trend dalam dunia otomotif mungkin bingung dengan sistem pengkodean mesin dari berbagai produsen. Baik itu dari Toyota, Honda, Mazda, Kia, dll. Disini Admin akan menjelaskan sedikit mengenai kode mesin honda, apa saja? Simak poin-poin berikut ini.

Honda L-Series
Honda L-Series adalah mesin dengan 4-silinder yang diproduksi dalam banyak jenis, antara lain 1.2 liter, 1.3 liter, dan 1.5 liter. 

Pada mesin ini, Valvetrain yang digunakan ada 2, yaitu i-DSI dan VTEC. Mesin L-Series ini diciptakan dengan mengedepankan tenaga mobil dibandingkan efisiensi, sehingga dapat mencapai torsi puncak saat mesin bekerja dalam putaran tinggi. Untuk i-DSI rasio kompresinya yaitu 10.8:1 sedangkan untuk VTEC 10.4:1.
Penjelasan Mengenai Kode Mesin Honda
Kode Mesin Honda 
i-VTEC
Kepanjangan dari i-VTEC adalah Intelligent Variable Timing and lift Control, yaitu peningkatan suatu perubahan penggunaan katup.  Mesin i-VTEC didesain untuk menyemburkan tenaga dengan cara kickdown pada saat mesin bekerja dalam putaran tinggi. Pembakaran yang terjadi disini sangat bagus sehingga menekan emisi gas buang. Intake Valve  terbuka dengan waktu yang lama sampai 4500rpm yang bertujuan untuk mendapatkan aliran udara pada putaran mesin tinggi.

i-DSI
Kepanjangan dari i-DSI adalah Intelligent-Double Sequential Ignition. Mesin i-DSI khususnya yang L-series merupakan mesin yang kecil dan tipis, 8-valve, sistem SOHC dengan menggunakan sepasang busi untuk setiap silindernya. Dikarenakan menggunakan sistem SOHC dengan desain 8-valve (2-valve/silinder), beberapa mesin dari turunan L-series, seperti L15A dan L13A dianggap kurang bagus. Mengapa demikian? Karena pada pertengahan tahun 90-an sebagian besar mesin mobil telah menerapkan sistem multi-valve yang spesifikasinya hampir setara dengan DOHC.

Cukup sekian Penjelasan mengenai kode mesin Honda. Admin sendiri lebih menyukai karakteristik dari mesin i-VTEC karena ciri khasnya yang memperoleh tenaga besar saat putaran RPM tinggi. Apalagi jika disandingkan dengan exhaust aftermarket. Suara yang dihasilkan sungguh mengalun indah di telinga. Baca juga artikel lainnya: