Pengertian Piggyback dan Fungsinya

Pengertian Piggyback dan Fungsinya

Fungsi Piggyback - Mungkin hingga saat ini Anda masih bertanya-tanya apa itu piggyback? Piggyback merupakan sebuah chip microcomputer yang digunakan pada mobil tuning injeksi yang sebelumnya telah dikontrol oleh teknologi komputer yang sering dikenal dengan sebutan ECU (Electronic Control Unit). Fungsi piggyback adalah untuk memanipulasi data yang ada dalam ECU sehingga data yang masuk ke dalam ECU dapat sesuai dengan pemilik mobil. Baik untuk mengiritkan konsumsi bahan bakar maupun menambah tenaga mobil (horse power). Piggyback bekerja dengan cara mendeteksi sinyal yang ditransfer dari ECU lalu dimanipulasi, yang kemudian ditransfer lagi ke mesin.
Pengertian Piggyback dan Fungsinya
Dastek Unichip Piggyback
Tidak hanya itu, bahkan dengan menggunakan piggyback, mesin yang pembakarannya membutuhkan angka oktan tinggi dapat disetting ulang sehingga dapat menggunakan bahan bakar yang beroktan lebih rendah tanpa berpengaruh pada performa mesin.

Piggyback dapat menjadi senjata andalan bagi Anda yang menyukai kecepatan pada mobil harian. Dihadairkan dengan lima macam mode, pengguna piggyback dapat menyesuaikan mode apa yang disukai. Cara mengganti modenya pun terbilang gampang, yaitu dengan memutar panel yang tersedia atau juga dapat disetting via bluetooth

Macam-macam piggyback aftermarket antara lain:

Dastek Unichip
Seperti contoh pada gambar di atas, Dastek Unichip ini dihadirkan dengan dua jenis, yaitu Q dan Q+. Fitur pada piggyback ini lumayan lengkap. Antara lain dapat mengatur konsumsi bahan bakar, waktu pengapian hingga pengontrol boost. Harga Dastek Unichip untuk saat ini berada di kisaran 5jutaan.

HKS Unichip
Memang harga HKS unichip ini agak tinggi, yaitu sekitaran 8jutaan, namun sejajar dengan kualitasnya. Dilengkapi dengan pengontrol turbo boost, rev limiter serta speed limiter. Sehingga sangat cocok digunakan pada mobil yang sudah menggunakan sistem turbocharger.

G-Reddy 
Untuk merk yang satu ini, G-Reddy dihadirkan dengan banyak varian, dari penggunaan harian, semi-pro dan ada juga untuk mobil yang memiliki performa tinggi seperti digunakan pada ajang balapan. Harganya mulai dari 4-8jutaan, sesuai dengan spesifikasi yang dilengkapi di dalamnya.

A’PEXi
Sangat cocok digunakan untuk mobil yang menggunakan mesin pintar sekelas VTEC dari Honda, VVT-i dari Toyota maupun Ecoboost dari Ford.

Itulah sedikit uraian untuk Pengetian Piggyback dan Fungsinya, semoga bemanfaat. Baca juga beberapa artikel berikut ini: