Cara Mudah Mendeteksi Kondisi Mesin

Cara Mudah Mendeteksi Kondisi Mesin

Panduan Mendeteksi Kondisi Mesin - Menggunakan mobil pribadi yang berbahan bakar bensin untuk menempuh perjalanan jauh khususnya saat arus mudik ataupun kepentingan lainnya, Anda harus mengetahui kondisi mobil Anda sedang prima ataupun tidak. Karena mesin yang rusak tiba-tiba di tengah perjalanan bisa terjadi kapan saja.  Apalagi perjalanan yang tempuh melewati berbagai kondisi, tanjakan curam, jalan berbatu ataupun jalan yang sedang dalam kondisi perbaikan. 

Untuk mendeteksi kondisi mesin dengan cara yang mudah, Anda tidak perlu repot mengecek langsung pada bagian mesin, apalagi harus mencopot busi satu persatu, memeriksa kabel busi, mengecek throttle ataupun komponen bagian mesin lainnya. Anda cukup mendeteksi kondisi mesin melalui sistem pembuangan atau knalpot. 
Cara Mudah Mendeteksi Kondisi Mesin
Cek knalpot
Adanya Percikan Air
Ini merupakan kondisi normal saat mobil di starter pertama kali saat mesin berada dalam kondisi dingin. Percikan air dari knalpot ini disebabkan karena adanya proses pengembunan dalam saluran knalpot. Disaat suhu dalam saluran pipa naik, percikan air ini pun akan hilang dengan sendirinya. Percikan air ini menandakan bahwa saluran pipa knalpot mobil Anda bebas dari oli yang meleleh ataupun gumpalan oli yang mengeras.

Serpihan Kotoran
Kotoran yang berbentuk seperti besi berkarat dalam jumlah kecil ini muncul saat mesin mobil bekerja pada putaran yang tinggi. Kondisi ini mengindikasikan adanya pengeroposan pada bagian saringan knalpot dikarenakan oleh proses karatan. Biasanya serpihan kotoran ini keluar bersamaan dengan asap mobil. Hal ini menyebabkan konsumsi BBM mobil Anda menjadi boros dan knalpot menjadi berisik.

Gumpalan berupa kerak Abu-Abu
Gumpalan kerak abu-abu mengindikasikan kondisi mesin mobil Anda sedang dalam kondisi prima karena proses pembakaran yang sempurna. 

Gumpalan berupa kerak Hitam
Kejadian ini mengindikasikan bahwa terlalu banyak bahan bakar yang terbuang melalui asap knalpot dan menyebabkan tarikan mobil menjadi lemah dan konsumsi bahan bakar menjadi sangat boros. 

Lelehan Oli
Lelehan oli ini menandakan bahwa oli mesin masuk ke sistem pembakaran dalam jumlah banyak. Bersamaan dengan sisa asap pembakaran, oli ini menguap dikarenakan panas di dalam knalpot dan menyebabkan asap mobil berwarna putih dengan kebulan tebal. Biasanya disebabkan oleh ring piston yang kurang seret atau seal valve pecah. Jika dibiarkan, maka kerusakan akan menjalar ke bagian komponen lainnya. Hubungi bengkel langganan Anda untuk info lebih lanjut.

Itulah sedikit tips mengenai Cara Mudah Mendeteksi Kondisi Mesin, semoga bermanfaat. Baca juga artikel berikut ini: