Cara Merawat Aki Mobil agar Tidak Tekor

Cara Merawat Aki Mobil agar Tidak Tekor

Tips Merawat Aki Mobil - Aki adalah komponen yang sangat penting dalam sistem kelistrikan mobil, karena aki berfungsi sebagai sumber tenaga satu-satunya saat mobil dinyalakan, mengaktifkan audio, serta menggerakkan berbagai komponen yang berhubungan dengan kelistrikan lainnya. Komponen lain yang fungsinya hampir sama dengan aki yaitu alternator. Saat mobil digunakan, aki dan alternator ini bekerja berbarengan untuk memberikan suplai daya listrik ke berbagaik komponen yang ada di dalam mobil.
Cara Merawat Aki Mobil agar Tidak Tekor
Merawat Aki 
Jadi pentingkah merawat aki mobil? Yang perlu Anda ingat, aki mobil harganya lumayan mahal jika dibandingkan dengan komponen lainnya. Selain itu, jangan tergiur jika ada toko yang menawarkan aki dengan harga yang sangat murah, bisa saja aki yang ditawarkan merupakan aki imitasi yang jangka penggunaannya sangat rendah, sekitar 3 bulan. Secara umum, aki dibagi atas dua jenis yaitu aki basah dan aki kering.

Berikut ini Admin memberikan beberapa poin mengenai Cara Merawat Aki Mobil agar Tidak Tekor. Simak baik-baik.

1. Saat mobil mati, nonaktifkan semua perangkat atau komponen elektrik yang berhubungan dengan kelistrikan, seperti audio, lampu kabin, dll. Hindari meninggalkan mobil dengan keadaan kunci kontaknya setengah putaran (posisi Acc), karena bisa membuat aki mobil tekor.

2. Periksa level cairan aki, jangan berada di bawah garis lower ataupun melewati garis higher. Jika memang cairannya perlu ditambah, usahakan cairan tersebut tidak tumpah ataupun mengenai komponen yang ada di dalam kap mobil. Karena cairan ini bersifat korosif dan membuat mobil Anda cepat berkarat. Jika ingin lebih hati-hati, Anda dapat membukanya sambil memeriksa kondisi fisik aki untuk dapat mengetahui ada atau tidaknya kebocoran maupun bagian bengkak.

3. Jika ada kerak di kepala aki, bersihkanlah. Setelah bersih lalu pasang kembali aki mobil Anda. Jangan lupa saat dipasangkan, pastikan baut pengait aki benar-benar terikat kuat. Karena jika aki longgar, akan menimbulkan korslet dan percikan api saat mobil digunakan tanpa Anda sadari sebelumnya.

4. Pastikan memasang aki dengan cara yang benar, pertama-tama sambungkan bagian kutub positif, kencangkan lalu pasangkan bagian kutup negatifnya. Sedangkan saat akan melepas aki, lakukan dengan cara sebaliknya.

5. Jika mobil Anda jarang digunakan hingga berbulan-bulan, copot penghubung aki agar daya aki tidak terserap oleh sistem pengaman (alarm). Jika mobil akan dinyalakan kembali, usahakan memanaskan mesin terlebih dahulu hingga 15 menit agar daya listrik tersuplai ke seluruh komponen dengan baik.

Itulah sedikit tips mengenai Cara Merawat Aki Mobil agar Tidak Tekor, sebagai catatat, tips di atas hanya berlaku untuk aki basah saja, karena aki kering memang diciptakan untuk Anda yang tidak suka repot. Maka jangan heran jika aki kering dijual dengan harga yang lumayan tinggi jika dibandingkan dengan aki basah. Semoga bermanfaat dan baca juga beberapa artikel berikut ini: