Cara Mengecek STNK dan BPKB

Cara Mengecek STNK dan BPKB

Panduan Mengecek STNK dan BPKB - Untuk Anda yang sedang berkeinginan membeli mobil bekas harus teliti agar tidak tertipu saat membeli mobil, karena tindak kriminal sekarang telah merambah ke segala hal, termasuk pembuatan dokumen, STNK dan BPKB palsu yang notabene sangat susah dibedakan dengan yang asli.

STNK yang tidak sesuai dengan apa yang tertera di dokumen ataupun di kode mobil maka akan membuat mobil Anda menjadi mobil bodong. Jangan langsung tergiur mobil bekas yang ditawari dengan harga yang sangat miring, karena mungkin saja identitas dokumen serta surat kelengkapannya sudah "dimodifikasi" semedikian rupa unutuk mengelabui Anda.
Cara Mengecek STNK dan BPKB
STNK dan BPKB 
Untuk menghindara hal tersebut, simak beberapa tips berikut ini:   

1. Cek BPKB dengan teliti. Baca segala bentuk informasi yang ada pada halaman-halaman dalam BPKB. Karena pada halaman tersebut tercatat segala seluk beluk identitas mobil. Lalu jangan lupa meperhatikan momor BPKB dan nomor registrasi POLDA.

2. Cek STNK dengan teliti, khususnya nomor STNK pada sudut kanan di bagian atas STNK, tanggal disahkannya STNK serta tanda tangan pihak kepolisian. Pastikan nomor dan tahun disahkannya sama. 

3. Cek lembar pajak, apakah pembayaran pajak telah di verifikasi oleh Samsat beserta waktu verifikasinya. Cek juga jumlah biaya pajak yang telah dibayar.

4. Cek fisik mobil di kantor POLDA sesaat sebelum melakukan pembayaran.

5. Cek Faktur, VIN/NIK serta Form A dari Direktoral Jenderal Bea dan Cukai. Pastikan nomor rangka dan nomor mesin mobil sesuai dengan  STNK dan BPKB.

6. Hal yang tak kalah penting, lakukan pengecekan terhadap tekstur, warna dan jenis font serta tanda tangan yang ada pada semua dokumen. Jika memang palsu, pasti akan terlihat berbeda dengan dokumen yang asli.

7. Harga murah belum tentu aman, sekalipun mobil yang ditawarkan berasal dari showroom yang telah mempunyai naman besar. Jangan lupa meminta fotocopy segala bentuk dokumen yang berhubungan dengan mobil, lalu cek dokumen tersebut ke kantor POLDA. Fotocopy tersebut berfungsi sebagai sampel untuk pencocokan dengan dokumen lain yang jenis mobilnya sama.

Semoga tips kali ini mengenai Cara Mengecek STNK dan BPKB dapat membuat Anda terhindar dari penipuan ataupun tindak kriminal lainnya. Baca juga artikel berikut ini: