Cara Mencegah Tongkat Persneling Bergetar

Cara Mencegah Tongkat Persneling Bergetar

Tips Mencegah Getaran Tongkat Persneling - Bagi kebanyakan orang, tongkat persneling yang bergetar dianggap sebagai hal yang biasa, sebetulnya hal ini dapat dicegah dengan cara yang sangat sederhana. Gaya berkendara yang sesuai prosedur serta perawatan rutin menjadikan umur komponen-komponen pada sistem transmisi menjadi lebih panjang. Cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan menginjak kopling hingga penuh saat pergantian gigi. Lalu gunakan posisi gigi yang tepat dan susuai dengan dengan beban, kecepatan dan putaran mesin. Yang terakhir, gantilah oli transmisi mobil Anda secara teratur.

Jika hal-hal di atas luput dari perhatian Anda, akan muncul gangguan pada sistem transmisi. Seperti adanya suara aneh saat mobil dikemudikan dalam kecepatan tinggi, gigi sulit dipindahkan, hingga mengakibatkan tongkat perseneling bergetar.
Cara Mencegah Tongkat Persneling Bergetar
 Tongkat Persneling
Getar yang disertai bunyi ini biasanya dikarenakan oleh ausnya bushing . Bushing merupakan komponen terletak pada bagian bawah ujung tongkat persneling yang berfungsi meredam getaran. Karena sudah aus, maka komponen ini tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya. Pada saat pertama mobil bergerak, mesin mobil bergetar kuat sehingga komponen yang aus ini pun ikut bergetar.

Gangguan ini biasa terjadi pada mobil yang menganut sistem RWD (Rear Wheel Drive). Mobil yang bersistem FWD (Front Wheel Drive) tidak menggunakan bushing sehingga getaran ini tidak mungkin terjadi kecuali adanya gangguan pada komponen lain.

Tongkat persneling bergetar yang disebabkan oleh bushing aus dapat diatasi dengan melakukan pergantian komponen ini dengan yang baru. Kerusakan komponen ini memang tidak menyebabkan kerusakan pada komponen lain, hanya saja jika terus dibiarkan maka getaran pada tongkat perseneling akan menjadi tambah kuat dan bunyi yang semakin keras.

Itulah sedikit tips perawatan mengenai cara mencegah tongkat persneling bergetarsemoga bermanfaat. Baca juga artikel terkait lainnya sebagai berikut: