Cara Memilih Oli yang Tepat untuk Mobil

Cara Memilih Oli yang Tepat untuk Mobil

Panduan Memilih Oli Mobil yang Cocok - Oli merupakan cairan kental yang berguna untuk melumasi berbagai komponen bergerak yang terdapat dalam mesin. Tanpa oli, mesin tidak dapat bekerja akibat adanya gesekan yang terlalu keras antar setiap komponen. Untuk itu, oli adalah hal yang sangat penting dalam memberikan fungsi untuk membantu kinerja mesin agar selalu optimal. Jika telah melampaui batas pemakaian, oli akan berubah warna dan kekentalannya akan berubah. Sehingga kinerja tidak lagi mampu melumasi komponen mesin dengan sempurna.

Pada dasarnya, oli dibuat dengan berbagai jenis dan spesifikasi berbeda berdasarkan kekentalannya. Ketelitian dalam memilih jenis oli yang cocok bagi kinerja mesin sangat dibutuhkan. Oli yang bermasalah dan tidak cocok dengan kriteria akan menimbulkan efek berkepanjangan bagi mesin mobil. 
Memilih Oli yang Tepat
Memilih Oli yang Tepat
Sebenarnya, ada banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk pemilihan pelumas mesin yang cocok. Beberapa oli dirancang agar kompatibel untuk lebih dari satu mesin. Namun sangatlah penting untuk tidak mencampurkan dua jenis oli sekaligus dalam satu mesin dalam waktu yang bersamaan bahkan jika mesin mobil Anda telah dirancang untuk dapat menggunakan kedua jenis oli tersebut.

Pada artikel Pentingnya Pengecekan Pelumas / Oli Mobil telah dijelaskan bahwa gangguan mesin biasanya disebabkan oleh kinerja pelumasan mesin yang tidak maksimal. Baik itu dikarenakan oleh adanya kebocoran pada seal ataupun kerak yang menumpuk. Oleh karena itu, memilih oli mesin yang tepat adalah satu-satunya cara untuk mengatasi mesin cepat rusak. Alangkah baiknya Anda memilih oli yang direkomendasikan oleh pabrikan karena kemampuannya telah diuji secara klinis. Untuk mobil yang telah melebihi usia 10 tahun, Anda dapat menanyakan kepada bengkel ahli mengenai kriteria oli yang dibutuhkan untuk mesin mobil Anda. Hal ini biasanya meliputi kode yang tertera pada oli. Untuk oli yang sesuai dengan iklim Indonesia, kode-kode yang digunakan antara lain :

Jika Anda serius dan fokus dalam hal perawatan mobil, maka pada poin tertentu Anda harus mengetahui jenis oli yang cocok dengan karakteristik mesin mobil Anda. Caranya dapat bertanya pada bengkel langganan mengenai oli apa yang mereka rekomendasikan. Buku pedoman kepemilikan mobil memberikan semua informasi yang diperlukan untuk menggunakan oli berdasarkan kekentalannya, apakah 10W-30, 5W-30, dll.

Apa maksud dari sistem penomoran oli?


Pastikan oli yang Anda gunakan memenuhi rekomendasi dari produsen mobil. Beberapa yang harus Anda ketahui mengenai SAE oli mesin antara lain:

1. SAE oli bukan angka mutu dari suatu oli, hanya saja penomoran ini dijadikan sebagai perbandingan antar oli mengenai angka kekentalannya, serta daya tahan terhadap penggunaan berdasarkan lingkungan sekitar, apakah bersuhu panas ataupun dingin.

2.  Oli encer tidak selalu lebih baik jika dibandingkan dengan oli kental, semuanya kembali kepada lingkungan penggunaan mobil.

3. Oli yang memiliki sifat kekentalan (SAE) yang rendah lebih cocok terhadap performa dan konsumsi bahan bakar, namun kurang bagus untuk perlindungan mesin. Bahkan bisa saja memperpendek usia komponen-komponen yang ada dalam mesin. Berbeda dengan oli yang kental.

Apakah penggunaan Oli yang salah dapat merusak garansi?

Jika Anda menggunakan oli yang kekentalannya tidak direkomendasikan atau disetujui seperti yang dipersyaratkan oleh pembuat mobil, maka bisa saja garansinya rusak atau dibatalkan. Contohnya seperti menggunakan oli SAE 20W-50 pada mobil yang direkomendasikan untuk menggunakan oli SAE 5W-30I. 

Itulah sedikit ulasan mengenai Cara Memilih Oli yang Tepat untuk Mobil, semoga membantu. Baca juga beberapa artikel berikut ini: