Mitos Aneh Tentang Penggunaan Mobil

Mitos Aneh Tentang Penggunaan Mobil

Mitos Tentang Penggunaan Mobil - Sedikit berbicara mengenai intermezzo, Indonesia memiliki penduduk yang beraneka suku dan beragam keyakinan. Sebagian masyarakat Indonesia sangat percaya mengenai mitos, baik masalah mitos tentang kehidupan maupun masalah mitos mengenai kepercayaan akan keyakinannya. Tidak hanya itu saja, bahkan ada juga mitos pada kendaraan khususnya pada mobil. Mungkin sebagian dari Anda juga mempercayai mitos ini. Mitos ini ada yang benar namun ada juga yang bisa dikatakan sangat-sangat konyol.

Baiklah, berikut ini Admin akan membagikan Mitos Tentang Penggunaan Mobil. Apa-apa saja?
17 Mitos Tentang Penggunaan Mobil
Salah kaprah
Wajib memanaskan mesin dengan waktu yang lama pada pagi hari
Memanaskan mesin mobil bertujuan untuk membuat oli bersikulasi saat mobil digunakan. Akan tetapi ada juga yang menganggap memanasan mesin mobil dengan waktu yang lama agar bahan bakar menjadi lebih sempurna proses pembakarannya. Ini adalah opini konyol, karena dewasa kini mobil telah menerapkan sistem injeksi. Sehingga pasokan bahan bakarnya telah diatur secara otomatis. Memanaskan mobil dengan waktu yang lama hanya membuang-buang waktu dan bahan bakar mobil Anda.

Menyalakan AC saat putaran mesin tinggi dapat merusak kompresor AC
Mitos ini tidaklah benar. Karena pada kenyataannya, magnet yang ada dalam pulley pada kompresor tetap tidak aktif jika suhu mesin dingin yang dideteksi oleh thermostat. Jika thermostat mendeteksi suhu mesin dalam kondisi yang tinggi, maka kompresor akan aktif kembali walaupun mesin berputar pada putaran yang tinggi sekalipun.

Mobil boros karena AC menyala 
Bagi Anda yang sering bepergian dengan menyalakan AC dan membandingkannya dengan saat tidak menyalakan AC mungkin dapat merasakan perbedaannya. Semua kembali ke opini Anda masing-masing.

Mengangkat wiper dapat mencegah karet mengeras
Karena Indonesia memiliki iklim tropis dengan kondisi cuaca yang tak menentu, bagi sebagian orang menganggap bahwa karet wiper akan cepat mengeras karena jarang digunakan kecuali pada musim hujan. Akan tetapi meski dalam cuaca panas dan kondisi tertekan, karet ini juga punya kelenturan. Walaupun Anda mengangkat wiper sekalipun, dalam waktu dua tahun Anda harus menggantinya, karena memang itulah batas penggunaan karet wiper yang disarankan. Bahkan jika Anda keseringan mengangkat wiper, per yang ada dalam batang wiper akan cepat kendor, dan lama kelamaan akan putus.

Menaruh aki di lantai dapat menyerap daya aki
Mitos ini adalah salah, karena tidak dapat dibuktikan secara teoritis.

Menekan gas sebelum mesin dimatikan
Untuk mitos ini, biasanya diterapkan untuk mobil jaman dulu agar aki tidak cepat tekor. Maksudnya disini saat gas ditekan alternator berputar lebih kencang untuk mengisi kapasitas aki sebelum mesin dimatikan. Untuk mobil produksi tahun 90-an ke atas tidak lagi membutuhkan proses ini lagi, dikarenakan telah menggunakan alternator yang dipasangi IC voltage regulator. 

Ban mudah pecah karena tekanan angin tinggi
Mitos ini tidaklah benar. Tekanan ban tinggi lebih aman jika dibandingkan dengan ban yang tekanan anginnya kurang, karena ban bisa saja pecah saat terkena lubang. Oleh karena itu sesuaikan tekanan angin ban sesuai dengan yang telah ditentukan oleh pabrik.

Knalpot kotor disebabkan oli terbakar pada mesin 
Oli yang terbakar dalam mesin akan menghasilkan asap yang berwarna putih. Kemungkinan terbesar adalah dikarenakan oleh seal klep yang rembes atau ring piston bermasalah.

Menyalakan lampu hazard saat hujan deras
Ini adalah hal konyol yang sangat sering terjadi. Karena saat Anda ingin menggunakan lampu sein saat memberi sinyal ingin mendahului kendaraan malah lampu seinnya mengikuti nyala lampu hazard. Kekonyolan ini membahayakan pengguna jalan lain, apalagi kebanyakan mobil sekarang nyala lampu hazardnya sangat terang dan membuat orang lain silau. Maka jangan tersinggung saat kendaraan lain mengedim lampu kepada Anda.

Melakukan charging ponsel di mobil tidak sebaik di rumah
Mitos ini tidak benar, karena tegangan arus listrik pada mobil telah diatur oleh alternator sesuai kebutuhan suplai arus listrik pada baterai ponsel Anda. 

Mobil baru tidak boleh dikebut dengan kecepatan tinggi
Mitos ini hanya berlaku untuk mobil jadul. Mesin mobil jaman sekarang memiliki presisi tinggi sehingga langsung bisa diajak ngebut.

Mobil matik tidak bisa didorong
Ini memang benar. Contohnya saat aki tekor, mobil matik tidak bisa dinyalakan dengan cara di dorong. Hanya bisa di dorong untuk dipindahkan.

Parkir dengan roda tidak lurus dapat merusak power steering
Mitos ini benar, karena saat roda tidak lurus maka katup pada rack setir akan terbuka, sehingga terjadi tekanan minyak PS saat mobil distarter, jika kebiasaan ini dibiarkan maka lama-kelamaan seal dan paking pada power steering akan bocor.

Bensin boros karena velg besar
Mitos ini adalah benar adanya. Karena semakin besar velg maka otomatis perputarannya juga meningkat, sehingga memberatkan kinerja mesin. Jika memang Anda belum percaya, bisa dipraktekkan sendiri.

Tarikan lebih konstan dengan menggunakan oli transmisi yang encer
Jika diteliti secara teoritis, hal ini memang benar, karena oli yang viskositasnya rendah dapat mengurangi hambatan mekanis. Akan tetapi penggunaan oli transmisi encer dapat membuat gearbox menjadi lebih berisik dari biasanya.

Aki cepat tekor karena memasang alarm
Hal ini tidaklah benar, karena alarm hanya membutuhkan daya sebesar 0,06 ampere dalam keadaan siaga. Yang membuat aki cepat tekor bukanlah alarm, tapi lampu dan sirine. Anda dapat menonaktifkannya pada ahli kelistrikan.

Tarikan mobil menjadi konstan setelah mengganti kabel busi racing 
Mitos ini adalah benar, karena Admin sendiri telah mempraktekkannya. Hanya saja Anda jangan tergiur dengan kabel racing terkenal namun ditawari dengan harga murah, karena bisa saja kabel busi yang dijual adalah produk palsu atau KW. Usahakan membeli part premium pada grosir yang terpercaya di kota Anda.


Itulas sedikit informasi mengenai Mitos Tentang Penggunaan Mobil, semoga Anda tidak salah kaprah dalam menggunakan mobil. Baca juga artikel terkait lainnya: