Tips Menyalip Kendaraan Lain

Tips Menyalip Kendaraan Lain

Tips Menyalip Kendaraan Lain - Telah menjadi rahasia umum, tidak semua orang dapat dikatakan seorang pengemudi handal jika ia belum mengetahui dasar-dasar mengemudi. Salah satunya saat mendahului kendaraan lain. Cara mengemudi mobil adalah salah satu dari sekian faktor yang sangat mempengaruhi keselamatan pengguna jalan.

Saat mobil melaju dengan kapasitas barang yang full. Beberapa kinerja komponen mobil seperti suspensi, ban, sistem penggereman maupun kaki-kaki bekerja melebihi ambang normal. Sehingga pergerakan mobil menjadi lamban dan lebih susah dikendalikan khususnya saat akan mendahului kendaraan lain di jalanan. 
Tips Menyalip Kendaraan Lain
Overtaking
Untuk itu, ikuti beberapa langkah berikut ini saat akan menyalip kendaraan lain :

  • Hindari gerakan zig-zag. Gerakan zig-zag akan mengakibatkan tekanan pada suspensi menjadi lebih besar sehingga daya cengkeram ban menjadi berkurang yang berimbas pada mobil yang seringkali selip dan sangat susah untuk dikontrol.
  • Pastikan kondisi jalan lengang baik dari arah belakang maupun depan sebelum menyalip.
  • Gunakan lampu sign atau klakson sebagai informasi bagi pengguna jalan lain bahwa Anda ingin menyalip.
  • Gunakan posisi gear yang tepat, sehingga putaran mesin menjadi lebih tinggi.
  • Jangan menghentakkan setir saat menyalip, karena berpotensi terjadinya gangguan pada kaki-kaki.
  • Usahakan posisi saat menyalip memiliki selisih jarak minimal satu meter dengan kendaraan yang disalip.
  • Jangan pernah menyalip saat di tanjakan, di tikungan ataupun jembatan karena jarak pandang yang sangat terbatas.
  • Jika Anda menemui mobil di depan yang menyalakan lampu sign kiri saat menyalip, jangan pernah sesekali Anda ikut menyalip di belakangnya. Lampu sign ini dimaksudkan bahwa ada kendaraan pada arah berlawanan yang sedang mendekat, atau bisa saja kondisi jalanan di depan yang kurang bagus, seperti adanya jalan berlubang ataupun perbaikan jalan.
  • Usahakan untuk tidak menyalip menggunakan lajur kiri, karena sisi pandang Anda terbatas. 

Cukup sekian untuk Tips Menyalip Kendaraan Lain. Ingatlah, lalu lintas itu kejam, terutama di negara berkembang seperti negara di Asia Tenggara kebanyakan. Satu kesalahan saja dapat berakibat fatal. Seperti yang telah Admin sebutkan pada postingan Perilaku Salah Pengemudi Mengenai Penggunaan Mobil, tidak semua pemilik mobil siap menggunakan mobil. Maka dari itu, persiapkan mental dan emosi Anda agar dapat lebih memahami kondisi lalu lintas di negeri kita ini. Semoga bermanfaat. Baca juga: