Perbedaan antara Escudo, Vitara dan Sidekick

Perbedaan antara Escudo, Vitara dan Sidekick

Perbedaan Escudo, Vitara dan Sidekick - Ketiga mobil ini merupakan produksi Suzuki untuk memenuhi segmen pasar SUV, yang merupakan penggabungan antara ketangguhan MPV dan kenyamanan Sedan dalam satu mobil. Suzuki Vitara adalah basis utama untuk kedua mobil lainnya yaitu Escudo dan Sidekick, hanya saja beberapa fitur yang disematkan pada ketiga mobil ini berbeda, baik dari segi eksterior, interior, maupun aksesoris penunjang lainnya.

Kali ini Admin akan mereview mengenai spesifikasi sekaligus perbedaan antara  Escudo, Vitara dan Sidekick. Apa saja perbedaannya antara ketiga mobil ini? Simak ulasan berikut ini.

1. Suzuki Escudo
Perbedaan antara Escudo, Vitara dan Sidekick
Suzuki Escudo
Tak seberapa lama setelah kemunculannya di Indonesia. Escudo langsung merajai pasar industri otomotif dalam penjualan SUV. Karena mobil ini merupakan SUV yang memiliki fitur lengkap jika dibandingkan dengan kompetitornya yaitu Daihatsu Feroza pada masa itu. Hal yang menarik dari SUV jebolan Suzuki ini antara lain memiliki ground clearance yang mumpuni untuk melibas segala medan, baik jalanan mulus perkotaan hingga medan offroad yang ganas sekalipun, dan juga mengedepankan aspek kenyamanan yang memanjakan penggunanya. Untuk pasar Indonesia, Escudo hadir menggunakan sistem penggerak 4x2 dengan pilihan transmisi manual saja. Berbeda dengan Escudo 2.0 yang dihadirkan dengan pilihan transmisi manual dan otomatis. Escudo menggunakan mesin 1600CC dengan kode G16A SOHC injeksi 16 katup dan 4 silinder segaris. Output tenaga yang dihasilkan dari mesin ini mencapai 107ps pada putaran mesin 6000rpm.

2. Suzuki Vitara
Perbedaan antara Escudo, Vitara dan Sidekick
Suzuki Vitara
Suzuki Vitara memiliki spesifikasi yang sama dengan Escudo, hanya saja SUV ini hadir dengan roda penggerak 4x4, yang menjadikan mobil ini sebagai incaran para offroader. Perbedaan yang signifikan dari Escudo adalah ground clearance-nya yang lebih tinggi dan kaki-kaki yang lebih kuat. Sehingga sangat cocok untuk dipasangkan roda dan ban berukuran besar. Populasi mobil ini tidak sebanyak Escudo, bahkan bisa dikatakan kurang bersaing untuk segmen pasar otomotif yang berpenggerak 4x4 yang pada saat itu dikuasai oleh Daihatsu Taft GT.

3. Suzuki Sidekick
Perbedaan antara Escudo, Vitara dan Sidekick
Suzuki Sidekick
Suzuki sidekick merupakan kasta terendah dari kedua mobil di atas, sistem penggeraknya sama seperti Escudo. Perbedaan yang dapat dilihat sekilas dari eksterior adalah adanya stiker 4 warna pada kedua sisi mobil ini. Mobil ini ditujukan bagi pecinta Escudo namun memiliki budget yang rendah. Dikarenakan untuk memangkas harga jual, mobil ini hanya membawa kelengkapan kelas ekonomis saja, antara lain interior yang sederhana dan minim fitur serta absennya doortrim.

Itulah sedikit mengenai Perbedaan antara Escudo, Vitara dan Sidekick, semoga dapat membantu dalam memilih mobil yang sesuai dengan budget dan selera Anda. Baca juga: