Klasifikasi Jenis-jenis Kaca Mobil

Klasifikasi Jenis-jenis Kaca Mobil

Jenis-jenis Kaca Mobil - Kaca mobil memiliki peranan yang sangat penting, selain dari segi keamanan saat terjadinya kecelakaan hingga membuat mobil menjadi lebih aerodinamis. Pada umumnya kaca mobil dibagikan dalam dua jenis. Apa saja? Mari simak  mengenai klasifikasi jenis-jenis kaca mobil berikut ini.

Kaca mobil di desain dengan tingkat perlindungan yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan kaca-kaca lain pada umumnya. Karena perlindungan yang ekstra, kaca mobil memiliki harga yang lumayan tinggi, dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jenis-jenis kaca tersebut antara lain Tempered Glass dan Laminated Glass. 

Laminated Glass
Laminated glass merupakan perpaduan antara dua kaca yang memiliki ketebalan 2mm yang mengapit PVB (plyvinyl buthyral) pada bagian tengahnya. Lapisan PVB pada bagian tengah memiliki ketebalan 0,76 mm. Walaupun memiliki ketebalan yang tipis, namun PVB ini memiliki peranan yang sangat penting. Karena kekuatan semua lapisan pada kaca tak lebih baik dari kaca biasa pada umumnya tanpa lapisan PVB ini. 
Klasifikasi Jenis-jenis Kaca Mobil
Laminated glass
PVB adalah lapisan film yang dibuat menggunakan campuran plastik dan dan resin yang memiliki bersifat sangat lengket. Saat masih berbentuk mentah, bentuk fisik PVB ini persisi seperti lembaran plastik biasa. Laminated Glass dibentuk dengan pemanasan yang dan tekanan tinggi, yang menjadikan PVB ini jernih dan melekatkan kaca pada kedua sisi yang mengapitnya.

Kekurangan dari Laminated Glass adalah jika pada kaca jenis ini ada keretakan, maka retaknya akan menjalar pada bagian lain. Walaupun masih bisa dapat digunakan, akan tetapi waktu keretakannya akan semakin bertambah dari waktu ke waktu, khususnya pada saat mobil di parkir di bawah terik matahati langsung. Pada mobil produksi untuk pemakaian pribadi, jenis kaca ini biasa digunakan untuk kaca depan saja, mengingat biaya produksinya yang lumayan tinggi.

Tempered Glass
Tempered glass dikenal juga dengan sebutan kaca jagung, karena jika pecah berbentuk seperti butiran jagung. Kaca ini memiliki kekuatan lima kali lipat dari laminated glass, hanya saja jika terdapat benturan yang membuat retak 1/6 dari ketebalannya, maka dalam waktu singkat kaca ini akan retak seluruhnya akibat getaran saat mobil melaju. Biasa digunakan pada kedua sisi kaca samping dan kaca belakang. Akan tetapi untuk kendaraan umum dan niaga, kaca ini juga digunakan sebagai kaca depan.
Klasifikasi Jenis-jenis Kaca Mobil
Tempered glass
Kekurangan dari Tempered glass yaitu tidak kuat menahan hantaman pada kecepatan tinggi, walaupun dihantam oleh batu kecil sekalipun. 

Itulah sedikit ulasan mengenai Klasifikasi Jenis-jenis Kaca Mobil, semoga bermanfaat. Baca juga: