Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Genio

Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Genio

Ulasan Spesifikasi dan Harga Honda Civic GenioSiapa yang tidak kenal Honda Civic Genio, sebuah sedan kompak dari keluarga Honda yang meneruskan kiprah dari pendahulunya, Honda Grand Civic. Masuk ke Indonesia pada tahun 1992, mobil ini berhadapan langsung dengan para rivalnya yang merupakan andalan dari masing-masing pabrikan, seperti Great Corolla dari Toyota dan juga Lancer CB5 (sering disebut Evo 3). Rekor penjualannya tercatat cukup baik dibandingkan generasi sebelumnya.

Honda Civic Genio merupakan salah satu produk best seller dari Honda di era 90-an, diproduksi pada tahun 1992-1994 yang merupakan generasi ke-5 dari gen Honda Civic (kode EG). Dijual hingga tahun 1995, lalu digantikan dengan Honda Civic Ferio yang desainnya berubah menjadi lebih gambot. Mobil ini sendiri menjadi sedan yang paling difavoritkan dalam ajang modifikasi dan ajang drag race mulai dari Asia hingga Amerika. Maka jangan heran mengapa mobil ini menjadi sangat populer di seluruh dunia.


Ulasan Honda Civic Genio


Eksterior
Honda Civic EG hadir di Indonesia terdiri dari 2 jenis varian yaitu tipe Sedan dengan 4 pintu yang lebih dikenal dengan sebutan Civic Genio dan  tipe  Hatchback dengan 2 pintu yang dikenal dengan sebutan Civic Estilo. Keduanya mengedepankan design dengan kesan  sporty dan stylish. Kap mesin dibuat rendah mengikuti lampu depan. Namun sayangnya Genio versi lokal belum dilengkapi dengan foglamp. Untuk memasangnya, Anda membutuhkan biaya besar serta kesabaran ekstra dalam memburu salah satu aksesoris langka ini.
Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Genio
Foto Eksterior Honda Civic Genio
Interior
Interior yang sangat sederhana adalah salah satu ciri khas Honda di era 90-an. Jangan berharap lebih pada bagian ini, karena Anda hanya akan mendapatkan sebuah tape standar, power steering dan power window. Ruang kaki dan ruang kepala tidak terlalu sempit, namun yang paling mengecewakan terletak pada joknya. Jok mobil ini menggunakan material kualitas rendah karena sering kali kempis.

Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Genio
Foto Interior Honda Civic Genio
Mesin
Mesin yang diusung oleh Honda Civic Genio memiliki kapasitas 1,6 liter dengan konfigurasi 4 silinder segaris 16 katup SOHC. Mesin ini mampu memproduksi tenaga hingga 130 HP pada 6.600 RPM dan torsi 144 Nm pada 4.200 RPM. Dengan penggunaan mesin SOHC, akselerasi menjadi lebih mudah meskipun pada putaran atasnya seperti kehabisan nafas. Spesifikasi mesin antara kedua tipe Civic EG di Indonesia adalah sama yaitu menggunakan mesin dengan kasta yang paling rendah demi menekan harga produksi agar dapat bersaing dengan produsen lain.
Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Genio
Foto Mesin Honda Civic Genio
Impresi, Handling dan Kenyamanan
Berkat rasio gigi dekat dan kemudi yang ringan menjadikan mobil ini salah satu kandidat sedan fun to drive di era 90-an. Suspensi khas Honda dengan karakter sport turut dibenamkan. Dengan sedikit mengorbankan kenyamanan, Anda mendapatkan feedback positif ketika bermanuver di tikungan tanpa takut mobil mengalami gejala bodyroll, understeer ataupun oversteer.

Harga
Dengan usianya yang tergolong tua, harga Civic Genio semakin lama semakin terjangkau. Untuk tahun 1992-1993, Anda dapat menebusnya dengan menyediakan uang sebesar 40 - 50 jutaan saja. Sedangkan untuk tahun 1994-1995, harga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi, berkisar 50 - 60 jutaan dengan kondisi mesin yang sempurna.

Spesifikasi Honda Civic Genio
  • Mesin : D16Z9 1.6 liter 4 silinder segaris 16 katup.
  • Tenaga : 130 HP @6.600 RPM.
  • Torsi : 144 Nm @ 4.200 RPM.
  • Konsumsi BBM : 8-11km / L (dalam kota), 10-12km / L (luar kota).
  • Transmisi: 5-speed manual, 4-speed otomatis
  • Suspensi: depan dan belakang double wishbone independen.
  • Rival : Mitsubishi Lancer, Nissan Sentra, Mazda 323 Familia dan Toyota Great Corolla.
  • Penjualan: 1992-1995.

Kelebihan
  • Image Honda yang mewah membuat mobil ini memiliki harga jual yang baik. 
  • Desain bodi yang aerodinamis dan stylish menjadikan Civic EG ini tidak ketinggalan jaman meski telah memasuki usia 23 tahun.. 
  • Konsumsi BBM irit, 1:10 untuk penggunaan dalam kota sedangkan 1:12 untuk luar kota. 
  • Sparepart mudah ditemukan mulai dari produk KW hingga part limbah ex-Singapore. 
  • Dapat dipacu hinggi kecepatan tinggi karena mobil ini tidak limbung. 
  • Menggunakan double disc sehingga untuk sistem safety tidak udah diragukan lagi. 
  • Menggunakan suspensi jenis double wishbone yang menjadikan mobil ini nyaman dikendarai.

Kekurangan
  • Pajak mobil yang mahal untuk mobil berumur, berkisar antara 1,5 - 1,7 juta, karena di eranya mobil ini masuk ke golongan sedan medium. 
  • Belum menggunakan mesin tipe tercanggih yaitu VTEC. 
  • Kualitas doortrim dan dashboard terkesan murah dan kurang mewah. 
  • Bahan jok jelek, kualitas busa gampang kempis. 
  • Sektor kaki-kaki cukup ringkih, masih kurang awet jika dibandingkan dengan rivalnya yaitu Great Corolla. 
  • Civic EG produksi 1992-1993 menggunakan radiator 1 ply yang menjadikan mesin mudah panas (overheat). Pada tahun selanjutnya, pihak Honda menggantinya dengan radiator 2 ply. 
  • Tidak memiliki console box untuk penyimpanan barang pribadi pada ruang kabin. 

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi serta keunggulan dan kelemahan Honda Civic Genio. Civic ini adalah salah satu sedan yang paling fun to drive dibandingkan kedua rivalnya di atas. Semoga membantu. Baca juga beberapa artikel menarik berikut ini :